Masinton Pasaribu: Jokowi Akan Pilih Kapolri Yang Punya Loyalitas Tunggal Kepadanya

JurnalPatroliNews – Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu berpandangan, bahwa Presiden Joko Widodo akan menunjuk Kapolri yang memiliki loyalitas tunggal kepadannya sebagai pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

“Kalau dari yang saya amati kecendrungan Presiden, Presiden (Joko Widodo) akan memilih yang memiiki loyalitas tunggal hanya kepada Presiden, saya lihat kecendrunganya kesitu,” kata Masinton dalam diskusi virtual bertajuk “Kapolri Baru di Tengah Isu Pelanggaran HAM dan Pembubaran FPI, Siapa yang Dipercaya Presiden” Selasa (5/1).

Mengapa demikian, Masinton melihat, bahwa pertimbangan memilih Kapolri baru yang memiliki loyalitas lantaran saat ini Presiden Joko Widodo sudah memasuki periode kedua, sehingga ia perlu sinergitas untuk menyelenggakan pemerintahan dan menjamin keamanan di dalam negeri.

“Karena periode kedua, tidak hanya di Polisi (Jokowi pilih yang punya loyalitas tunggal), tapi juga di TNI mereka yang punya loyalitas tunggal kepada Presiden,” tandas Masinton.

Disisi lain, secara umum, Masinton memaparkan bahwa siapapun Kapolri yang baru ditunjuk Joko Widodo harus mampu membawa Polri seperti taglinenya Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter). Kemudian, tidak hanya mampu mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat saja.

“Harus juga mampu mengatasi gangguan Kamtimbas yang disebabkan kelompok intoleran, kejahatan konevsional lain dan siber transnasional, kejahatan siber ini juga perku menjadi konsen penanganan polisi, karena interaksi dan sosialiasai masyarakat cenderung menggunakan teknologi digital,” demikian Masinton.

(rmol)

Komentar