Mau Token Listrik Gratis Ada 3 Hal yang Perlu Dipahami

JurnalPatrolinews – Jakarta,– PLN masih memberikandiskon tarif listrik bagi pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA hingga September 2020. Diskon yang diberikan sebesar 100% alias gratis untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan 900 VA. Bagi pengguna pasca bayar diskon bakal diberikan langsung dengan potongan dalam tagihan.

Untuk memperoleh diskon tersebut, ada 3 hal yang perlu dicatat, mulai dari syaratnya, periode pemberian diskon, dan cara memperolehnya.

1. Syarat Mendapatkan Diskon Listrik

Diskon listrik ini hanya diberikan kepada pelanggan bersubsidi. Khususnya bagi pelanggan 900 VA, tak seluruhnya berhak mendapat diskon listrik yang didapatkan dari www.pln.co.id. Potongan hanya diberikan pada pelanggan 900 VA yang bersubsidi. Pelanggan bersubsidi tertera kode R1 pada struk pembayaran listrik.

Adapun tujuan dari pemberian stimulus tersebut adalah untuk meringankan beban kelompok masyarakat yang paling terdampak pandemi virus Corona (COVID-19) terutama dari sisi perekonomian.

2. Periode Pemberian Diskon Listrik

Diskon tarif listrik ini diberikan mulai April hingga September 2020. Diskon diperpanjang dari yang awalnya cuma 3 bulan sampai Juni 2020.

3. Cara Memperoleh Diskon Listrik

Ada dua cara untuk memperoleh diskon tersebut. Seperti dikutip dari situs resmi PLN, Sabtu (1/8/2020), pertama pelanggan bisa login langsung ke website resmi www.pln.co.id.

Pelanggan cukup mencari menu pelanggan, kemudian pilih stimulus COVID-19. Kemudian pelanggan diminta memasukkan nomor ID rekening listriknya. Lalu, token akan muncul di layar, untuk kemudian bisa diinput pada meteran.

Cara kedua dengan cara mengirimkan pesan via WhatsApp (WA). Pertama-tama dengan chat kontak PLN di nomor 08122-123-123. Kemudian, pengguna akan diberikan pilihan dengan tulisan ‘Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/Diskon Stimulus COVID19’.

Format pesan yang akan Anda terima adalah sebagai berikut:
Halo Electrizen
Ketik 1 untuk info listrik gratis/diskon stimulus covid-19
Ketik 2 untuk baca meter mandiri pemakaian listrik (pascabayar).

Kirimkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik setelah mendapatkan balasan pesan otomatis selanjutnya. Format pesan otomatis yang akan Anda terima adalah seperti berikut:

Halo electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA subsidi (sesuai data terpadu kesjahteraan sosial) dan pelanggan bisnis dan industri 450 VA.

Silakan masukkan ID pelanggan/nomor meter Anda ya? Setelah itu sebuah pesan otomatis berisi token gratis/diskon listrik akan Anda terima dan siap digunakan.

[Detik]

 

Komentar