Media National Interest: Rudal Iran akan Menyengsarakan Pasukan AS

Jurnalpatrolinews – Washington : Majalah Amerika Serikat, The National Interest mengatakan, Iran memiliki unit pasukan rudal terbesar di kawasan Asia Barat, dan saat ini sedang memodernisasi teknologi rudalnya. Menurut majalah Amerika ini, rudal-rudal Iran bisa menyengsarakan pasukan Amerika.

Fars News (16/9/2020) melaporkan, National Interest menulis, meski rudal-rudal Iran tidak bisa menjangkau Amerika, tapi Tehran mampu membuat pasukan Amerika sengsara.
Menurut National Interest, meski saat ini Iran tidak memiliki rudal balistik antar benua, namun apakah rudal Tehran suatu saat bisa menjangkau Washington DC atau tidak ? Korea Utara membuktikan bahkan sebuah negara dengan peralatan terbatas sekalipun bisa membuat program rudal yang kredibel.
Majalah Amerika ini menyebut program rudal Iran mengalami kemajuan signifikan, dan pengalaman pertama Iran, adalah menciptakan rudal dalam negeri Shahab-1, rudal jarak pendek dengan daya jangkau setara dengan 300 kilometer. Kemudian dilanjutkan dengan Shahab-2, yang berdaya jangkau sekitar 500 kilometer.
“Kemajuan teknologi rudal Iran cukup pesat, dibuktikan dengan produksi Shahab-3 berhulu ledak 1.200 kilo, dan daya jangkau lebih dari 1000 kilometer, dan Iran melakukan uji coba pertama Shahab-3 pada tahun 1998, dan 2003,” paparnya.
Selanjutnya National Interest menyinggung rudal Qader-1 yang meski daya jangkaunya tidak sejauh Shahab-3, tapi tingkat akurasinya lebih besar, dan Iran kemudian memproduksi rudal Emad, untuk membuktikan kemampuan manuver, dan akurasi rudal balistik jarak menengahnya.

Komentar