Melantik Pengurus PWI Jateng, Ganjar: Dibutuhkan Patriotisme Wartawan

JurnalPatroliNews – Semarang, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menegaskan, pentingnya patriotisme wartawan dalam menghadapi situasi pandemi saat ini.

“Dalam kondisi seperti ini kita bisa menyemangati semua. Sehingga peran jurnalistik dituntut patriotismenya,” ujar Ganjar usai menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah periode 2020-2025, di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kantor Gubernur, Selasa (27/10/2020) malam.

Ganjar menyatakan pihaknya sudah membahas dengan pengurus PWI Provinsi Jawa Tengah mengenai tampilan pemberitaan dengan narasi positif. “Saya sampaikan bahwa perlu ditampilkan narasi positif, cerita yang baik agar bisa menyemangati semua. Tapi bukan berarti cerita yang dipandang berbeda tidak boleh, ya boleh, tapi perlu narasi positif yang ditampilkan,” tuturnya.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu menyampaikan selamat kepada jajaran pengurus PWI yang baru dilantik tersebut. “Saya sampaikan selamat dan supaya segera bisa bekerja,” tuturnya.

Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah, Amir Machmud menyampaikan, keterlibatan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan PWI sebagai bentuk respek yang tinggi. “Jika ditarik benang merah kemitraan pemprov, mulai Pak Gubernur sampai staf ini bentuk respek yang tinggi kepada PWI dan wartawan. Respek ini menarik untuk direnungkan,” katanya.

Menurutnya, hal itu perlu diekspresikan kalangan wartawan untuk menumbuhkan respek bagi diri wartawan yakni dengan meningkatkan kemartabatan, dan merawat perilaku yang sudah tersubstansi sesuai UU Pers.

(bs)

Komentar