Mengintip Kapan Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka? Ini Jadwal Terbarunya

  • Whatsapp
Ilustrasi/Net

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Pemerintah berencana akan membuka kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Rencananya seleksi CPNS ini akan diumumkan pada akhir bulan ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, saat ini pemerintah sedang menyusun jadwal penerimaan CPNS. Penyusunan dilakukan antar lintas kementerian dan Lembaga.

“Akhir Maret sudah diputuskan berapa jumlah masing-masing Kementerian Lembaga kebutuhan ASN. (Jadi) keputusannya awal Maret,” ujarnya kepada rekan media, Jumat (5/3/2021).

Bacaan Lainnya

Adapun secara keseluruhan, kebutuhan pegawai untuk pusat dan daerah adalah sekitar 1,3 juta pegawai. Angka tersebut nantinya akan dipenuhi lewat seleksi CPNS dan PPPK. “Jumlah yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya,” ucapnya.

Sebelumnya , Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Teguh Widjinarko mengatakan, pada tahun ini ada sekitar 160.000 formasi yang akan dibuka.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari kebutuhan pegawai pada tahun lalu. Karena instansi juga sangat membutuhkan pegawai menyusul adanya yang pensiun. Sedangkan pada tahun lalu tidak ada seleksi CPNS karena adanya covid dan masih belum rampungnya seleksi untuk tahun anggaran 2019.

“Iya hanya sekitar 160.000 untuk CPNS. Sudah akumulasi,” ucapnya.

(*/red)

Pos terkait