Menhan Prabowo Subianto Terima Alat Pelindung Diri dari Australia

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima alat pelindung diri (APD) senilai 2 juta dolar Australia yang diberikan Kementerian Pertahanan Australia untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Sabtu.

Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds menyerahkan bantuan APD, yang terdiri dari sarung tangan, baju medis, masker wajah, dan termometer diagnostik, kepada Subianto di pangkalan udara. Bantuan tersebut diangkut ke Indonesia dengan pesawat Royal Australian Air Force (RAAF) C-130 Hercules.

Reynolds mengatakan Indonesia dan Australia adalah mitra lama yang memiliki hubungan yang kuat dan sejarah kerjasama yang panjang, terutama pada saat dibutuhkan.

“COVID-19 membawa tantangan dan ketidakpastian baru bagi kedua negara kita. Seperti Angkatan Bersenjata Australia di sana, TNI berperan penting dalam mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Angkatan bersenjata kedua negara juga telah menjalin kerja sama dan bertukar pengetahuan tentang penanganan COVID-19, tambahnya.

Sementara itu, Prabowo Subianto memuji kerja sama militer kedua negara tetangga tersebut. Selain pendampingan untuk pandemi COVID-19, kedua negara juga sudah sering melakukan latihan bersama, ujarnya.

Australia telah mengundang banyak perwira TNI untuk belajar di akademi militer Australia, tambahnya.

Sebagai gantinya, Indonesia mengirimkan personel ke Australia awal tahun ini untuk membantu memerangi kebakaran hutan dan lahan di New South Wales, kata Prabowo.

Komentar