Menkes Baru dari Non Kesehatan, dr. Tirta: Pak Budi Bisa Rapikan Faskes di Indonesia

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo secara resmi melakukan resuffle terhadap enam menterinya pada Selasa, 22 Desember 2020.

Didampingi Wakil Presiden Ma’aruf Amin, Presiden Jokowi telah menetapkan adanya pergantian menteri disejumlah posisi, di antaranya Tri Rismaharini, sebagai Menteri Sosial. Sandiaga Salahudin Uno, sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Budi Gunadi Sadiki, sebagai Menteri Kesehatan. Yaqut Cholil Quoumas, sebagai Menteri Agama. Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono, sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. M Lutfi, sebagai Menteri Perdagangan.

Yang menarik, diangkatnya Budi Gunadi Sadiki menjadi Menteri Kesehatan, dimana sebelumnya Budi adalah Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

Budi Gunadi Sadiki diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 72/M Tahun 2019 tanggal 25 Oktober 2019.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN, Budi telah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (2013-2016), Staf Khusus Menteri BUMN (2016-2017), dan Direktur Utama PT Inalum (Persero) (2017-2019).

Saat ini, harta kekayaan Budi berdasarkan hasil verifikasi tanggal 13 April 2020 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi adalah Rp161.792.059.459.

Jika dilihat, Budi yang lahir pada 6 Mei 1964 sama sekali tidak memiliki latar belakang di dunia kesehatan.

Namun hal tersebut diapresiasi oleh Dokter Tirta Mandira Hudhi lewat unggahan di akun Instagram pribadinya @dr.tirta .

dr. Tirta mengunggah foto bersama Budi ketika makan siang tepat sebelum Budi dipanggil oleh Presiden ke Istana.

“Menkes dari non kesehatan? Justru bagi saya ini kesempatan, karena pak budi bisa merapikan faskes (fasilitas kesehatan) di seluruh Indonesia agar setara,” tulis dr. Tirta dikutip JurnalPatroliNews dari unggahannya, Selasa, 22 Desember 2020.

Selain mengunggah foto bersama Budi Gunadi, dr. Tirta juga mengunggah daftar Menteri Kesehatan dari berbagai negara yang tidak memiliki latar belakang di dunia Kesehatan.

Menurutnya, Budi Gunadi selaku Menteri Kesehatan yang baru, terkait dengan pengalamannya di Kementerian BUMN, dapat mematangkan sistem fasilitas kesehatan.

Sebagai Menteri Kesehatan yang baru, dr.Tirta mengungkapkan, tugas yang masih banyak yang perlu di urus. Namun menurutnya, pandemi menjadi fokus utama yang harus di kalahkan.

“Sekali lagi, terimakasih atas undangan makan siangnya selama 2 jam tadi membahas edukasi vaksin dan evaluasi penanganan covid . Selamat pak BUDI!,” lanjut dr.Tirta dalam keterangan di unggahannya.

(* – TiR).-

Sumber: Instagram @dr. Tirta.

Komentar