Menkominfo Apresiasi Persatuan Insan Kolintang Nasional Gelar Kreativitas Kolintang Nasional

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate mengapresiasi kepada PINKAN Indonesia, praktisi seni budaya Indonesia, yang menyelenggarakan kreativitas Kolintang Virtual Perdana Nasional 2020.

Apresiasi Menteri Kominfo tersebut disampaikan saat menutup Lomba Kreatifitas Kolintang Virtual Perdana Nasional 2020 memperebutkan piala Menkominfo di Hotel Aston, Jl. Radio Dalam, Jakarta Selatan, Sabtu (29/8/2020).

Bacaan Lainnya

Lomba Kreativitas Kolintang Virtual 2020 Piala Menkominfo, terangkai dengan giat di gunung Klabat dan Danau Tondano pada 17 Agustus 2020, dengan kolintang mengiringi lagu Kebangsaan pada detik detik Proklamasi di puncak gunung Klabat oleh Sanggar Fantastic Primavista Lembean Minahasa Utara Sulawesi Utara, dan dipanggung apung rakyat didanau Tondano oleh Sanggar Seni Budaya dan Bahasa Benteng Moraya.

Pada kesempatan itu, Menteri Johny mengingatkan kepada semua peserta yang mengikuti lomba melalui virtual tersebut untuk tetap kedepankan protocol Kesehatan dalam berbagai kegiatan.

Didampingi Ketua Umum PINKAN Indonesia, Ny. Penny Iriana Marsetio. dan Dirjen Aptika Kemkominfo ikut menyaksikan penyerahan Piala Bergilir Menkominfo kepada Juara I melalui Virtual. Yang diserahkan langsung oleh Bapak Menteri Johny G. Plate.

Ketua Dewan Pembina PINKAN Indonesia, Prof. Dr. Laksamana (P) Marsetio, Si.P, MM menyampaikan terimakasih atas dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada Pelestarian dan Pengembangan seni budaya, khususnya Kolintang, serta pentingnya besinergi satu dengan yang lain, dalam proses Penominasian ke UNESCO.

Dalam rangka HUT ke-75 Tahun Indonesia PINKAN Indonesia berinisiatif agar ada ruang untuk praktisi kolintang mengekspresikan kreativitas mereka.

Hal ini disambut oleh Purnomo Yusgiantoro Center, melalui ibu Filda Yusgiantoro, kemudian KKK, baik Bapak Ronny Sompie dan ibu Angelica Tengker, yang kemudian didukung pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Utara, gayung bersambut dengan program bapak Menteri Komunikasi dan Informatika dalam hal praktisi seni tetap berkreasi dimasa pandemic.

Lomba Kreativitas Kolintang Virtual 2020 Piala Menkominfo, terangkai dengan giat di gunung Klabat dan Danau Tondano pada tanggal 17 Agustus 2020, dengan kolintang mengiringi lagu Kebangsaan pada detik detik Proklamasi di puncak gunung Klabat oleh Sanggar Fantastic Primavista Lembean Minahasa Utara Sulawesi Utara, dan dipanggung apung rakyat didanau Tondano oleh Sanggar Seni Budaya dan Bahasa Benteng Moraya.

Serta permainan kolintang bersama secara Virtual 45 pemain kolintang oleh Tim dari Bapak Ferdinand Soputan pada 17 Agustus 2020.

Rangkaian kegiatan LKKV piala Menkominfo 2020 berlangsung dengan baik dan diakhiri dengan Grand Final Lomba Kreativitas Kolintang Virtual, yang disiarkan secara langsung dari studio mini di Hotel Aston, Jl. Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Dengan penilaian dilakukan oleh 3 panelis, bpk Dirjen Aptika Kemkominfo, Semuel A. Pengerapan,B.Sc, dan bapak Dr. Drs. Henri Subiakto, SH, MA. Staff Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa serta Bapak Berty Rarun.

Kepada 9 finalis, yang menyisihkan peserta lainnya. Hasil lomba adalah kategori penyanyi terbaik diraih Sheren Wullur dari Jawa Barat. Kemudian Kategori Lagu Karya Cipta Tema Pandemi, PSBB, New Normal. Covid 19 diraih Charles Audy Doodoh, Jawa Barat.

Kemudian Pelatih teraktif yaitu Boy Makalew (Jawa Barat), Stave Tuwaidan (Sulawesi Utara), dan Robert Languju (Sulawesi Utara). Juara Kategori Milenial adalah tim Purple, DKI Jakarta dan Juara Kategori Original adalah Klabat, Jawa Barat

Pos terkait