Menteri UKM Teten Masduki : Pemerintah Salurkan Banpres Kepada 15 Juta UMKM

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki optimistis, Bantuan Presiden (Banpres) produktif usaha mikro dapat disalurkan secara tepat sasaran kepada 15 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hingga akhir tahun ini.

Data yang digunakan berbasis data akurat yang diolah oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). “Kami saat ini telah melakukan cleansing data bekerja sama dengan BPKP, OJK, dan Kemenkeu dalam memastikan Banpres tersebut tepat sasaran,” kata Teten Masduki dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk “Bantuan UMKM, Sudah Efektifkah?” yang diselenggarakan di Ruang Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Data terkait dengan pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan tersebut juga didapatkan secara langsung dari 18 instansi pemerintah yang berkaitan langsung dengan sektor UMKM, koperasi, dinas koperasi seluruh Indonesia, dan Himbara.

Teten menjamin, bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut akan tepat sasaran kepada para pelaku UMKM. Mengingat, mekanisme persyaratan yang dibutuhkan sangat ketat dengan melibatkan sektor perbankan milik pemerintah, sehingga tidak ada ruang melakukan tindakan manipulasi.

“Saya jamin bantuan ini tidak akan diterima oleh orang yang sudah meninggal,” tuturnya.

Saat ini hingga pertengahan September ditargetkan bantuan tersebut akan diterima secara tepat sasaran kepada 12 juta pelaku UMKM dalam negeri. Dan pihaknya, akan mampu menyalurkan bantuan tersebut lebih banyak lagi hingga akhir tahun 2020.

Turut tampil sebagai narasumber Diskusi Media FMB9 Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari. Kegiatan FMB9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube). (FMB9/TRI/VR)

Komentar