‘Merokok, Alkohol Dapat Membuat Vaksin Covid Menjadi Kurang Efektif’

Jurnalpatrolinews – Ankara : Merokok dan minum alkohol menekan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi efektivitas vaksin untuk penyakit seperti flu dan virus corona, menurut seorang dokter senior Turki.

Dr. Cevdet Erdol dari Universitas Ilmu Kesehatan di ibu kota Turki, Ankara, mengatakan kepada Anadolu Agency pada hari Sabtu bahwa penggunaan tembakau dan alkohol berbahaya bagi kesehatan dan dapat berdampak negatif terhadap pengobatan, menambahkan bahwa asap rokok mengubah tanggapan kekebalan.

“Dalam penelitian yang dilakukan lebih dari 40 tahun yang lalu dengan menggunakan metode yang lebih sederhana daripada teknik saat ini, tanggapan kekebalan setelah vaksinasi pada perokok ditemukan lemah,” kata Erdol.

Erdol mengatakan sebuah penelitian yang sekarang sedang dilakukan di Australia menemukan bahwa “perokok secara signifikan lebih rentan terhadap epidemi influenza daripada bukan perokok. Dalam penelitian ini dan penelitian serupa, ada bukti kuat bahwa merokok melemahkan respons kekebalan. “

Studi lain, katanya, menemukan bahwa paparan asap rokok merusak “kemampuan untuk membentuk sel memori yang sangat penting untuk pemeliharaan respons imun pelindung yang disebabkan oleh vaksin.”

“Juga telah dibuktikan secara ilmiah bahwa penggunaan alkohol mengganggu rangsangan kekebalan yang ditargetkan yang dicapai oleh vaksin,” tambahnya.

“Karena gangguan pada sistem kekebalan berada pada fungsi dasar, hasil yang sama juga berlaku untuk proses vaksinasi COVID-19. Konsumsi alkohol menyebabkan penggemukan hati dan merusak fungsi hati, dan kedua kondisi tersebut berdampak negatif terhadap jalannya COVID-19,” dia menambahkan.

Komentar