Meski Resmi Dilarang Pemerintah, Polda Metro : 7 Juta Orang Bakal Nekat Mudik

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Pemerintah resmi melarang mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Namun, diperkirakan masih banyak warga yang nekat melakukan tradisi jelang Lebaran tersebut.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut berdasarkan survei sementara jumlah warga yang masih nekat mudik cukup banyak. Bahkan angkanya mencapai 7 juta orang, meski sudah ada larangan mudik dari pemerintah.

“Berdasarkan survei dari Kitbang Kemenhub, memang masih ada sekitar tujuh juta orang yang memang tetap akan melaksanakan mudik,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo). Senin, 26 April 2021.

Dengan besarnya jumlah warga yang nekat mudik, kata Sambodo, pihaknya akan terus mensosialisasikan kebijakan larangan mudik. Dia juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan tersebut.

Ia mengatakan, telah menyiapkan sebanyak 31 titik pos penyekatan yang terdiri dari 17 pos check point dan 14 titik penyekatan. Check point berada di dalam aglomerasi di Jabodetabek untuk meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

“Sebanyak 14 titik itu berada di gerbang keluar aglomerasi Jabodetabek. Itulah yang nanti kami akan melakukan pemeriksaan secara ketat terhadap semua kendaraan yang lewat. Baik kendaraan penumpang maupun kendaraan pribadi. Semuanya akan kami periksa,” tuturnya.

“Sehingga diharapkan mudah-mudahan pelaksanaannya tahun ini lebih ketat, lebih bagus dan masyarakat paling tidak lebih sadar untuk tidak mencoba-coba untuk mudik,” imbuhnya.  (***/. dd – bizlaw)

Komentar