Mulai Hari Ini, Kapolri Minta: Kapolda-Kapolres Sidak Minyak Goreng

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh kapolda dan kapolres untuk mengawasi dan mengecek ketersediaan atau stok minyak goreng di pasaran setiap hari.

“Mulai hari ini, besok sampai dengan minggu depan minyak goreng harus ada di lapangan. Baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Tolong betul-betul diawasi,” kata Sigit dalam Vicon berdama Menteri Perdagangan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (14/3/2022).

Dengan pengawasan polisi setiap hari, Sigit berharap bisa menekan potensi terjadinya pelanggaran yang dilakukan berbagai pihak.

“Pastikan cek dengan dinas perdagangan dan satgas untuk koordinasi terkait dengan adanya potensi barang dilarikan ke luar. Karena itu, lakukan pengawasan proses distribusi di dalam maupun luar negeri melalui jalur-jalur yang digunakan,” ujar Sigit

 Di sisi lain, Sigit menegaskan, jajaran kapolda juga harus melakukan pengawasan ketat di pelabuhan, jalur-jalur perbatasan, hingga jalur darat.

 Ini dilakukan demi mencegah ekspor CPO dan turunannya secara diam-diam.

Kemendag, kata Sigit, telah membuat kebijakan terkait ekspor CPO. Perusahaan dann produsen diwajibkan menyelesaikan domestic market obligation atau DMO terlebih dulu.

 Selain itu, Sigit menyampaikan, para Kasatwil juga harus melakukan pengawasan dalam hal penyaluran.

Komentar