Naahh Lhoo..! Investasi di Luar Jawa Meningkat, 5 Gubernur di Pulau Jawa Kena Sentil Presiden..

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Ada kejutan menampar 5 Gubernur di Pulau Jawa terkait minat investasi asing. Dalam kunjungan kerja di Sintang, Kalimantan Barat, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menyebut angka investasi di luar Pulau Jawa pada 2021 menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dibanding di Pulau Jawa.

“Angka investasi tahun ini di luar Jawa semakin meningkat dan lebih tinggi dibandingkan di Jawa,” kata Joko Widodo, seperti dikutip rekan media dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 08 Desember 2021 saat meresmikan Bandar Udara Tebelian, di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Presiden Joko Widodo menyampaikan hal itu sesaat setelah meresmikan Bandar Udara Tebelian di Sintang yang memiliki terminal penumpang seluas 2.000 meter persegi dan melayani sebanyak 75 ribu penumpang per tahun.

“Pembangunan infrastruktur yang dilakukan tidak hanya digenjot di wilayah Pulau Jawa, tetapi Indonesia sentris,” kata Joko Widodo.

Dirinya optimis daerah-daerah di luar Jawa bisa tumbuh dengan cepat apabila didukung oleh infrastruktur, konektivitas, dan transportasi yang memadai.

“Dengan demikian, sektor produksi akan meningkat, distribusi lancar, menjangkau pasar yang semakin besar, semakin luas, dan menekan waktu serta biaya logistik”.

“Lalu biaya logistik menjadi semakin efisien dan nilai ekspor semakin kompetitif,” imbuhnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya meningkatkan investasi menjelang akhir tahun 2021. Namun, investasi masih dipusatkan seputar energi, seperti gas, listrik dan air.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui bahwa sudah banyak hal dilakukan Jawa Tengah untuk memberikan pelayanan terbaik di sektor investasi.

“Jateng selalu konsisten dalam pelaksanaan online single submission (OSS). Selain itu, kemudahan-kemudahan lain seperti pemberantasan pungutan liar (pungli) hingga layanan prima di mall pelayanan publik, sudah kami lakukan,” kata Ganjar saat menghadiri Rakornas Investasi 2021 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, baru-baru ini.

Di Banten, Gubernur Wahidin Halim mengatakan pandemi Covid-19 memberi dampak signifikan terhadap ekonomi Banten. Dirinya patut bersyukur nilai investasi di Provinsi Banten menduduki posisi ke empat secara nasional setelah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Komentar