Nadiem: Pelajaran Agama Tak Lebur Dengan Mapel Lain, Masih Berdiri Sendiri

JurnalPatroliNews-Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjawab isu soal peleburan mata pelajaran (mapel) agama dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Nadiem menegaskan tidak ada peleburan mata pelajaran agama dengan mata pelajaran lain.

“Saya ingin double click di sini karena ada satu isu terutama mengenai adanya kabar peleburan beberapa subjek. Ini sekadar penegasan saja bahwa tidak ada keputusan maupun rencana sampai ini untuk peleburan mata pelajaran agama dengan pelajaran lainnya,” kata Nadiem dalam rapat virtual dengan Komisi X DPR, Senin (22/6/2020).

Menurut Nadiem, pihak Kemendikbud selalu berdiskusi untuk melakukan penyederhanaan kurikulum sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, ia menegaskan mata pelajaran agama masih berdiri sendiri dan tidak ada peleburan.

“Tapi kami tegaskan lagi tidak ada rencana maupun keputusan untuk mata pelajaran agama saat ini. Jadi ini mohon ditegaskan jika ada yang menanya pun dari pihak luar bahwa ini tidak ada dalam rencana kita ini, masih sampai sekarang rencana mata pelajaran agama masih stand alone (berdiri sendiri) sebagai subjek. Jadinya mohon ini bisa kita langsung address, bisa langsung kita jawab jika ada yang bertanya,” jelas Nadiem. (dtk)

Komentar