Namanya Covaxin, Juli 2020 India Siap Uji Vaksin Covid-19 ke Manusia

  • Whatsapp
Ilustrasi

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Pemerintah India memberikan lampu hijau kepada Bharat Biotech untuk menguji vaksin buatannya ke manusia. Ini merupakan vaksin pertama buatan India.

Pengawas Obat-obatan Umum India telah menyetujui permohonan perusahaan yang berkantor pusat di Hyderabad (India) ini untuk melakukan uji klinis Fase I dan II untuk kandidat vaksin Covid-19 bernama Covaxin.

Bacaan Lainnya

Vaksin Covid-19 ini dikembangkan bersama dengan Indian Council of Medical Reserach National Institute of Virology. Uji coba ke manusia akan dilakukan di seluruh negeri pada Juli 2020.

India merupakan satu dari empat negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Lebih dari 16.000 warga India yang meninggal karena terinfeksi virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini.

World Health Organization (WHO) menyebutkan ada 141 vaksin yang sedang dikembangkan di dunia untuk menangani virus corona. 11 vaksin sudah masuk tahap uji klinis dengan dicobakan ke manusia.

WHO menyatakan vaksin bikinan AstraZaneca dan Moderna yang terdepan dalam perlombaan menemukan vaksin ini. AstraZaneca sudah memasuki uji klinis tahap tiga untuk menguji kemanjuran dan efektivitas vaksin sedangkan Moderna akan memulai uji klinis fase tiga pada Juli.

Meski terdepan, tidak ada jaminan pasti kedua kandidat vaksin ini akan mampu mengatasi virus corona. Fase akhir dari uji klinis adalah mendapatkan persetujuan untuk digunakan secara luas setelah diketahui kemanjuran vaksin melalui uji klinis.

(lk/*)

Pos terkait