NasDem Umumkan Tiga Bacapres Yang Akan Diusung 2024, Jenderal Andika Lebih Dipilih daripada Erick Thohir. Ini Alasannya!

Surya Paloh, Ketua Umum NASDEM

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar Partai Nasional Demokrat (Nasdem), secara resmi memilih tiga nama sebagai bakal Calon Presiden (Capres) yang akan diusung pada 2024 mendatang, berdasarkan Voting Dewan Pimpinan Wilayah (DPW). Jenderal Andika Perkasa, Panglima TNI, menjadi salah satu nama yang dipilih.

Seyogyanya, berdasarkan voting DPW NasDem dalam rakernas, nama Erick Thohir Menteri BUMN, berada di posisi ketiga, sedangkan Jenderal Andika Perkasa, berada di posisi keempat. Lalu mengapa NasDem justru lebih memilih Jenderal Andika daripada Erick Thohir?

Bacaan Lainnya

Willy Aditya, Ketua DPP NasDem, memastikan, pemilihan ketiga nama bakal Calon Presiden (Bacapres) yang diumumkan NasDem tersebut, bukan berdasarkan voting DPW. Pasalnya, jika berdasarkan voting, maka Erick Thohir yang berada di posisi ketiga teratas, nama yang dipilih DPW NasDem.

“Itu (Pengumuman Capres yang akan diusung) tidak berdasarkan voting, tidak berdasarkan suara terbanyak, jadi itu mekanisme yang sudah dari awal disepakati dalam tata tertib, dan mekanisme itu juga yang sudah diedarkan ke DPW dalam proses penjaringan nama-nama. Jadi tidak voting itu, tidak berdasarkan suara terbanyak. Suara terbanyak nomor 3 memang Erick,” ujarnya, Sabtu (18/6/22).

Ia membeberkan sejumlah Variabel yang diperhitungkan oleh Steering Committee (SC) NasDem, atas pilihan 3 bacapres tersebut. Menurutnya, ada variabel seperti Politik Kebangsaan, Stabilitas Nasional, hingga survei di setiap wilayah yang diperhitungkan.

“Steering committee memutuskan, berdasarkan Variabel-variabel yang kualitatif, tentang Politik Kebangsaan, tentang Stabilitas Nasional ya, itu yang kemudian menjadi Preferensi dalam tentukan 3 nama, selain Survei yang kami lakukan di setiap wilayah,” bebernya.

Pos terkait