Ngalap Berkah Ziarah Ke Makam Sunan Gresik, Anies Siap-siap Untuk 2024???

  • Whatsapp
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berziarah ke makan Syekh Maulana Malik Ibrahim

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Dalam lawatan nya ke Jawa Timur, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berziarah ke makan Syekh Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, Sabtu (13/11).

“Ini murni berziarah saja ke makam beliau, Tidak ada kegiatan lain di Gresik,” kata Anies.

BACA JUGA :

Dalam lawatannya selama sepuluh menit itu, Anies terpantau berziarah ke beberapa makam ulama, seperti Habib Abu Bakar Assegaf.

“Ini untuk berdoa kepada Allah SWT dan mencari berkah dari para ulama penyebar agama Islam di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa,” imbuh Nya.

“Kita ingin berkah Syekh Maulana Malik Ibrahim, beliau kan sesepuh Wali Songo yang banyak berjasa menyebarkan agama Islam di Indonesia, khususnya Gresik,” lanjut Anies.

Menurut literasi Babad ing Gresik, Malik Ibrahim merupakan ulama yang datang ke Jawa bersama saudaranya, Maulana Mahpur, dan tetuanya, Sayid Yusuf Mahrabi, berserta 40 pengiring.

Mereka menyebarkan agama sembari berdagang, lalu berlabuh di Gerwarasi atau Gresik pada 1293 atau 1371 M. Daerah yang pertama kali dituju Desa Sembalo, dekat Desa Leran, sekitar 9 km di sebelah utara Gresik, tidak jauh dari Makam Fatimah binti Maimun.

Dari Sembalo, Malik Ibrahim pindah ke Kota Gresik dan tinggal di Desa Sawo. Ia pun mendatangi Kutaraja Majapahit. Di hadapan raja, ia mendakwahkan agama Islam. Namun, raja belum berkenan memeluk Islam.

Meski demikian, Raja Majapahit tetap menerima Malik Ibrahim dan menganugerahi dia sebidang tanah di pinggir Kota Gresik yang kelak dikenal sebagai Desa Gapura. Di sanalah Malik Ibrahim mendirikan pesantren.

(***)

Pos terkait