Ngeri! Muncul Lagi Covid-19 Varian BA.2, Peneliti Sebut ‘Omicron Siluman’ Karena Gak Tembus PCR. Cek Seberapa Bahaya Nya Disini!

Foto AP

JurnalPatroliNews – Telah muncul kembali sebagai turunan Covid-19 terbaru, yakni Varian BA.2 yang disebut juga sebagai ‘Omicron Siluman’.

Mengapa Peneliti memberi nama julukan ‘Siluman’ untuk Varian Omicron baru BA.2 ? Itu karena Omicron Siluman memiliki sifat genetik tertentu yang membuatnya lebih sulit diidentifikasi sebagai omicron pada tes Diagnostik, khususnya reaksi berantai Polimerase (PCR) tes.

Bacaan Lainnya

John Sellick, ahli Epidemiologi dan Profesor kedokteran Universitas di Buffalo/SUNY, menyebutkan, Virus ini dapat terdeteksi, akan tetapi untuk mengetahui sebagai Varian Omicron sulit diklarifikasi.

Dalam kasus ini varian BA.2 tidak selalu menghindari deteksi, hanya klasifikasi kadang-kadang.

Gary Whittaker, Profesor Virologi di Cornell University, mengatakan, Julukan ‘Siluman’ untuk Varian BA.2 ini dianggap tidak logis.

Menurutnya, julukan ‘Siluman’ mungkin berguna bagi para Ilmuwan di lingkungan Laboratorium, tetapi tidak begitu banyak berguna secara klinis. Artinya, itu tidak akan mengubah hasil tes Covid-19 Positif atau pada perawatan yang dilakukan.

Menurut Dr. Sellick, dikarenakan sedikit sekali Informasi tentang BA.2, ditambah sangat sedikit kasus ini secara keseluruhan, maka sulit untuk mengetahui apa yang akan terjadi pada versi terbaru Omicron.

“Kami tidak akan mengetahui banyak detail sampai kami memiliki lebih banyak kasus BA.2,” ungkap Dr Sellick.

Ia menambahkan, orang-orang yang belum divaksinasi punya kemungkinan berada pada risiko tertinggi tertular varian ini.

Pos terkait