Pancasila Pondasi Kuat Wujudkan Cita-Cita Bangsa

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabes TNI AU) menyelenggarakan webinar dengan tema Pembekalan Bintal Rohani, Ideologi, dan Tradisi Kejuangan TNI AU pada Rabu (26/08/2020).

Webinar yang dihadiri lebih dari 50 peserta ini, hadir sebagai pembicara utama Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Antonius Benny Susetyo yang membahas tentang Peranan Ideologi Pancasila dalam Konteks Masa Kini. Menurutnya Pancasila harus menjadi dasar atau pondasi semua orang.

“Pancasila sebagai ideologi bangsa harus menjadi dasar atau pondasi bagi seluruh lapisan masyarakat,’’ ujar Benny.

Benny menekankab bahwa semua pemangku kepentingan yang membuat kebijakan publik pun harus menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap regulasinya.
Selain itu dirinya juga menegaskan bahwa Pancasila harus menjadi keyakinan yang nantinya akan membawa bangsa ini dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

‘’Pancasila harus menjadi cara berpikir, bernalar, bertindak, dan berelasi. Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi keyakinan bagi seluruh rakyat yang menjadi cita-cita yang diwujudkan dengan konkret untuk mewujudkan kesejahteraan,’’ tegas Benny.

Selain itu dibahas mengenai kedaulatan pangan yang harus menjadi fokus bangsa khususnya diera pandemic covid-19 seperti sekarang ini.

‘’ Kedulatan pangan juga harus diperjuangkan dengan cara pembelaan pada petani, peningkatan kesejahteraan petani, tercukupinya kebutuhan pangan dalam negeri, meningkatkan kemandirian,” tambahnya.

Penanaman nilai-nilai Pancasila pun dijelaskan Benny tidak boleh secara doktrinal seperti tempo dulu, tetapi harus menjadi habituasi atau kebiasaan.

’Pancasila bukan dipaksakan secara doctrinal, tetapi harus menjadi kebiasaan. Sebenarnya orang yang taat kepada tuhan dirinya maka akan secara otamatis akan mengamailkan nilai-nilai kemanusiaan,’’ jelasnya.

Sebagai penutup Benny mengingatkan dalam kemajuan teknologi seperti sekarang harus mampu merebut ruang publik dan diisi dengan konten positif.

Komentar