Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Buleleng Terus Bertambah @ Siapakah Engkau Covid-19?

  • Whatsapp
JurnalPatroliNews – Buleleng – Pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Buleleng terus bertambah. Sesuai laporan Tim Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Buleleng, penambahan pasien terkonfirmasi sebanyak 4 orang, sementara pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 1 orang. 
Empat pasien terkonfirmasi berdasarkan diagnosa klinis dokter penanggungjawab pasien (DPJB) berasal dari Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Banjar.
“Hari ini ada empat pasien dinyatakan terkonfirmasi atau positif terinfeksi Covid-19, 3 orang berasal dari Kecamatan Buleleng dan 1 orang berasal dari Kecamatan Banjar,” ungkap Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Buleleng, Dr. Drs. Ketut Suweca, Kamis (06/08) saat menyimak data terkini perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng.
Sebagai digemakan Seniman Sastra Modern Buleleng, Bali Made Tirthayasa ketika menggemakan Puisi “Siapakah Engkau Covid-19?”.
Karena itu, Tirthayasa yang juga wartawan JurnalPatroliNews menekankan pentingnya, peran serta secara aktif warga masyarakat di Gumi Den Bukit mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.
Terkait bertambahnya pasien terkonfirmasi pasien Covid-19 itu,  Suweca yang juga Kadis Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng memaparkan, 4 orang pasien terkonfirmasi ini merupakan hasil tracing tim survaelens terhadap pasien terkonfirmasi sebelumnya.
“Setelah dilakukan swab pertama, hasilnya menunjukkan positif, sehingga yang bersangkutan dinyatakan sebagai pasien terkonfirmasi,” jelasnya.
Selain penanganan medis, Tim Medis GTPP Buleleng juga melakukan tracing terhadap pihak yang memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi yang terinfeksi Covid-19 melalui transmisi lokal.
“Dengan adanya penambahan pasien/kasus terkonfirmasi secara berturut selama tiga hari terakhir, masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan dengan senantiasa taat serta disiplin menetapkan protokol kesehatan, selalu pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak bila berada pada kerumunan sehingga terhindar dari penularan Covid-19,” ujarnya.
Terkait data terkini penanganan Covid-19, Dr. Sueca memaparkan, jumlah komulatif pasien terkonfirmasi sampai dengan hari Kamis (06/08) sebanyak 160 orang, dengan rincian 129 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia, 1 orang ditangani GTP Bali, 30 orang manjalani isolasi, ada yang secara mandiri, isolasi di RS Pratama Giri Emas dan Ruang Lely RSUD Kabupaten Buleleng yang mulai hari ini dioperasikan untuk isolasi pasien Covid-19.
Kasus Suspek secara kumulatif sebanyak 277 orang, dengan rincian 56 Suspek Konfirmasi, 187 Discarded (selesai masa pantau), 33 orang masih dipantau dan 1 orang Suspek Probable (meninggal dunia namun belum ada hasil test menunjukkan positif atau negatif Covid-19).
Untuk jumlah komulatif kontak erat sebanyak 2.790 orang, dengan rincian 101 Kontak Erat Konfirmasi, 2.373  Discarded (selesai masa pantau), 280 karantina mandiri.
“Jumlah komulatif pemantauan terhadap pelaku perjalanan wilayah terjangkit dan wilayah transmisi lokal sebanyak 4.222 orang,” imbuhnya mengakhiri keterangan persnya. (TiR).-

Pos terkait