Pemekaran Provinsi Papua, Dorman Wandikbo: Tak Pengaruhi Perjuangan Orang Papua

Jurnalpatrolinews – Jayapura : Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan akan ada 3 wilayah pemekaran baru di Papua. Sehingga nantinya total provinsi di Papua akan berjumlah 5 wilayah, menuai tanggapan miring dari Dewan Gereja Papua atau West Papua Church Council  (WPCC).

“Kalau pemekaran 5 wilayah provinsi Menko Polhukam Mahfud MD dia bicara itu tak sesuai kenyataan. Pulau Jawa yang penduduknya padat puluhan juta  orang saja  tak bisa lakukan. Lalu  untuk apa lakukan di Tanah Papua,” tegas President GIDI Pdt. Dorman Wandikbo, ketika dikonfirmasi di Sentani, Senin (14/09/2020).

Dewan Gereja Papua beranggotakan GKI di Tanah Papua, GIDI, KINGMI Tanah Papua dan Baptis Tanah Papua.

“Kami Dewan Gereja Papua itu begini silakan saja mau lakukan pemekaran 10 provinsi ka, 20 provinsi ka, 30 provinsi ka, mau bangun istana ka itu silakan. Tapi tak mempengaruhi sama sekali perjuangan orang Papua, untuk mendapatkan keadilan, kebenaran  dan kemanusiaan di tanah Papua. Tapi justru ini akan menambah konflik,” ujarnya.

Dikatakan pemerintah pusat  selama ini belum dapat menyelesaikan 4 (empat) akar permasalahan di Tanah Papua, sebagaimana  yang dikemukakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Empat akar masalah itu adalah kegagalan pembangunan, marjinalisasi dan diskriminasi orang asli Papua, kekerasan negara dan tuduhan pelanggaran HAM, serta sejarah dan status politik wilayah Papua.  (papuainside)

Komentar