Pemerintah Proaktif, Ribuan Transaksi Investasi Ilegal di Blokir PPATK

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana mengatakan telah memblokir ribuan transaksi investasi ilegal yang berkaitan dengan pencucian uang.

“Memang satu-dua kasus meledak, tapi banyak yang belum sempat terpublish, sudah lebih dulu bisa kita hentikan transaksinya,” kata Ivan dalam Webinar Forum Milenial Madjoe yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Dengan demikian, pemerintah sebetulnya telah proaktif mencegah korban dari pencucian uang ataupun investasi ilegal berjatuhan.

Namun demikian, menurut Ivan pemblokiran yang PPATK lakukan lebih dulu terkadang dituduh menjadi penyebab entitas usaha tidak bisa mengembalikan uang konsumen mereka.

“Begitu kita shut down bisnis atau bekukan transaksi, mereka mengatakan akibat kita bekukan, fraud-nya terjadi,” katanya.

Ia mencontohkan transaksi First Travel yang dibekukan PPATK dan ditindak oleh aparat penegak hukum, mereka mengatakan penindakan itu menyebabkan mereka tidak bisa memberangkatkan umrah.

Komentar