Pemkot Jakarta Timur Gelar Uji Emisi Kendaraan Gratis

JurnalPatroliNews, Jakarta – Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, menggelar uji emisi kendaraan roda empat gratis, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa (26/1/2021). Uji emisi kendaraan ini diadakan selama 26-28 Januari 2021 pukul 09.00-12.00 WIB.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Alawi, menyampaikan, terlihat antuasias tinggi warga dalam uji emisi kendaraan tersebut. Ia menyampaikan, dalam kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dan para peserta menggunakan masker dengan baik serta menjaga jarak.

“Saya berharap semua pihak mendukung karena ini sangat bermanfaat untuk menciptakan langit biru. Juga diharapkan masyarakat mengikuti ini,” ujar Alawi, saat meninjau kegiatan uji emisi di Kantor Walikota Jakarta Timur.

Kemudian, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Herwansyah, menjelaskan kegiatan uji emisi kendaraan tersebut bertujuan untuk menciptakan langit biru di DKI Jakarta.

“Salah satu yang menyebabkan kotornya udara itu adalah 75 persen dari kendaraan roda empat dan dua, oleh sebab itu kita sudah mencoba sudah memulai untuk wajib menjalankan uji emisi,” tandas Herwansyah.

Ia menyebutkan, pelaksanaan uji emisi kendaraan ini telah dilaksanakan sebelumnya di Kantor Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Jalan Pinang Ranti pada 19-21 Januari 2021. Dalam kesempatan tersebut, diikuti 555 kendaraan.

Sementara itu, di Kantor Wali Kota Jakarta Timur diikuti 220 kendaraan, dengan 192 kendaraan lulus uji emisi dan 28 kendaraan tidak lulus uji emisi hari ini.

Herwansyah menjelaskan, persyaratan uji emisi adalah menunjukan STNK kendaraan yang ingin diuji, lalu dari STNK tersebut akan tercatat apakah kendaraan tersebut lulus uji emisi atau tidaknya.

Ia mengatakan, jika tidak lulus uji emisi dapat mengunjungi bengkel-bengkel yang sudah bekerjasama dengan pihaknya, seperti Auto 2000 Kramat Jati, Cakung Kalimalang dan Astra Isuzu dari Hino, ataupun bengkel lainnya yang memiliki fasilitas uji emisi.

“Harapan Kami ke depan masyarakat sudah harus sadar karena lingkungan ini tidak mungkin bisa dilakukan Pemerintah Daerah saja, tapi turut peran serta masyarakat pengguna kendaraan, karena program kita ini adalah mempertahankan langit biru,” tambahnya.

Rusnali Wastra warga Pondok Kelapa Kelurahan Malaka Jaya, salah satu peserta uji emisi kendaraan, mengatakan, dia telah mendaftarkan kendaraannya untuk diuji emisi. Ia menyampaikan, uji emisi secara gratis ini sangat baik demi menjaga lingkungan dari polusi udara yang disebabkan dari kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Saya rasa ini sangat bagus, karena inj demi menjaga lingkungan kita,” tutur Rusnali.

(tj)

Komentar