Pengkab PBVSI “Anyar” Buleleng “Lounching” Akademi Bola Voli Buleleng Siap Bina Ratusan Atlet Gratis

JurnalPatroliNews – Buleleng – Pengurus Kabupaten Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Buleleng yang baru dikukuhkan pada hari Minggu pagi dua pekan lalu di Hotel Banyualit, Lovina disertai dengan “lounching” Akademi Bola Voli Buleleng (ABVB) yang akan mewadahi pembinaan dan pencetakan atlet bola voli di Kabupaten Buleleng.

Pengkab PBVSI Buleleng yang sudah membuka pendafatran “online” siap membina 401 orang atlet bola voli putra dan putri.

Kepengurusan Pengkab PBVSI Buleleng dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengprov PBVSI Bali, I Nyoman Sukanada yang dihadiri Forkopimda Buleleng dan seluruh klub bola voli di Kabupaten Buleleng.

Nyoman Sukanada dalam sambutannya berharap, dengan kepengurusan pengkab PBVSI Buleleng dapat meningkatkan prestasi yang delapan tahun terakhir belum menunjukkan kebanggan.

Pengurus lama juga ditantang untuk mengejar pretasi minimal di “top three” dalam Porprov Bali tahun depan.

“Buleleng belum pernah menduduki prestasi yang memuaskan di olahraga voli. Pengelolaan management yang harus diperbaiki. Semoga pengurus baru bisa meningkatkan prestasi Buleleng dengan 80 klubnya agar di”manage” dengan baik tanpa pilih kasih,” tegas Sukanada.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum KONI Buleleng I Nyoman Artha Widnyana dan berharap kepengurusan baru punya semangat dan aura baru menghadapi tantangan ke depan untuk membangkitkan kembali voli di Buleleng.

Ketum KONI Buleleng, Artha mengapresiasi langkah awal Pengkab PBVSI “Anyar” dengan program ABVB yang sudah menunjukkan pola pembinaan untuk meningkatkan prestasi.

“Olahraga pretasi itu parameternya jelas, yakni medali. Akademi ini memberikan harapan baru kita semua apalagi binpresnya melibatkan dosen FOK Undiksha yang memang kompeten,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Pengkab PBVSI Buleleng Putu Mangku Mertayasa mengatakan, setelah terpilih menjadi Ketua Umum, dia mulai melakukan pemetaan dan pemeyaan. Buleleng dengan wilayah terluas di Bali, menurutnya, mendapatkan bonus demografi yang seyogyanya menjadi modal utama melakukan pembinaan, pembibitan dan peningkatan kualitasi atlet voli.

“Setelah terpilih, kami di pengurus adakan rakertas untuk mengevaluasi managemen sebelumnya dan mencarikan jawaban solusi, sehingga muncul Akademi Bola Vlloli Buleleng ini. Ternyata setelah kami buka pendaftaran “online”, dalam 3 pekan pelamarnya sudah mencpai 401 orang keseluruhan, animo masyarakat sangat tinggi,” ungkap dia.

Dalam ABVB ini seluruh siswa dari usia 13-20 tahun akan dibina di 4 titik pembinaan di Buleleng secara gratis yang akan diklasifikasikan pemula, remaja, junior dan senior.

Secara teknis oleh Direktur ABVB, Dr Syarif Hidayat dijelaskan, konsep yang diterapkan adalah pembinaan usia dini yang mengarah pada program jangka panjang. Hasil pembinaan atletnya di ABVB diharapkan dapat tembus sebagai atlet nasional.

Dosen FOK Undiksha ini lebih menekankan pada pembinaan mengingat pembinaan olahraga prestasi, menurutnya, tak semudah membalikkan telapak tangan. Ratusan calon atlet yang sudah terdaftar sebagai siswa ABVB sudah dikumpulkan dan di tes kondisi fisiknya. Kemudian akan dikelompokkan menjadi kelompok pemula dan junior putra putri untuk “voli out door” dan voli pasir.

Dia pun mengaku, sudah merekrut pelatih untuk membina atlet tanpa imbalan. Mereka pun akan melatih dan membina sesuai dnegan modul yang sudah disusun, sehingga jelas teknik dan target yang dicapai dalam latihan.

Selain pembinaan dan pembibita atlet, Ketum Pengkab PBVSI Buleleng yang sering disapa Mmy ini mengatakan, juga membidik pelaksanaan event nasional Proliga di tahun 2022 terselenggara di Buleleng.

Disamping pelaksanaan berbagai event kejuaraan yang telah disiapkan dalam kalender program kerja. mulai dari kejuaraan antar kampung, kejuaraan tingkat kecamatan, kabupaten dan juga regional Bali.

“Itu target kami di PBVSI Buleleng tidak hanya mengirim tim ke Proliga, tetapi juga menginginkan Proliga di Buleleng, karena secara regulasi, venue sangat memadai di Buleleng. Soal tantangan Ketum Pengprov PVBSI jangka pendek masuk 4 besar di Porprov,” tegas Mmy yang juga anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Buleleng asal Desa Banjar.

(TiR).-

Komentar