Perjalanan Masih Panjan Muncul Skenario, PDIP-Gerindra akan Menduetkan Prabowo – Puan

  • Whatsapp
Prabowo Subianto dan Puan Maharani./Net

JurnalPatroliNews, Jakarta – Kehadiran duet kontestan Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Sandi) dalam Kabinet Indonesia Maju membuka peluang bagi keduanya untuk kembali berkompetisi di Pilpres 2024 .

Muncul skenario PDIP-Gerindra akan menduetkan Prabowo Subianto-Puan Maharani atau Ganjar Pranowo-Sandi Uno .

BACA JUGA :

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, siapa pasangan yang bakal bertarung di Pilpres 2024 tergantung popularitas dan elektabiltas dari masing-masing pasangan tersebut.

Namun, Ujang melihat Prabowo-Puan lebih berpeluang dicalonkan oleh partai masing-masing. Karena, mereka berdua dianggap pemilik partai. Prabowo pemilik Gerindra. Sedangkan Ibunda Puan, yakni Megawati Soekarnoputri, pemilik PDIP.

Di sisi lain, Ganjar-Sandi dianggap tak punya partai. Mereka berdua hanya kader partai biasa. “Namun, jika kedua pasangan ini memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi, bisa dicalonkan oleh partai-partai lain,” tandas analis politik asal Universitas Al Azhar Indonesia itu.

Diberitakan sebelumnya, masuknya Sandiaga Uno ke Kabinet Indonesia Maju membuka peluang yang bersangkutan untuk maju Pilpres 2024 . Bisa jadi, duet Ganjar Pranowo -Sandiaga Uno bakal terwujud.

Menurut ahli hukum tata negara Refly Harun, bukan tanpa alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merekrut Sandiaga Salahuddin Uno menjadi menteri. “Pasti kaitannya dengan pasang kuda-kuda di 2024,” kata Refly dikutip SINDOnews, Kamis (24/12/2020), dari video berjudul SANDI DIREKRUT ISTANA, PENDUKUNG JOKOWI KECEWA!! yang tayang di Channel YouTube Refly Harun.

Refly mengatakan, Sandiaga Salahuddin Uno masuk Kabinet tentu untuk mengikat Partai Gerindra . “Kalau misalnya firm Prabowo nomor satu elektabilitasnya, maka mau tidak mau barangkali Megawati akan memasangkannya dengan Puan Maharani sebagai calon wakil presiden. Tapi,kalau misalnya Prabowo tidak nomor satu, bahkan dia di bawah Ganjar Pranowo, maka sangat mungkin Ganjar Pranowo yang diajukan sebagai calon presiden, dan kita tahu nanti wakil presidennya sangat mungkin Sandiaga Salahuddin Uno ,” jelasnya.

Lalu, bagaimana nasib Puan Maharani yang juga disebut-sebut akan dimajukan dalam Pilpres 2024? Kata Refly, Puan dicadangkan untuk periode berikutnya. Puan, menurut Refly, mungkin akan jadi Ketua MPR RI. “Sekarang Ketua DPR, nanti Ketua MPR,” ujarnya.

(*/lk)

Pos terkait