Perluas Bantuan! Israel Setuju: Pasok Sistem Rudal Canggih Blue Spear ke Ukraina

Blue Spear (5G SSM) Foto: euro-sd.com

JurnalPatroliNews – KIEV – Israel dilaporkan telah menyetujui permintaan Estonia untuk melengkapi Ukraina dengan sistem rudal darat-ke-laut Blue Spear (5G SSM) yang canggih.

Laporan itu disampaikan jurnalis Ukraina, Rostyslav Demchuk.

Bacaan Lainnya

 Estonia, yang membeli sistem rudal Blue Spear dalam jumlah yang tidak ditentukan dari pabrikannya; Israel Aerospace Industries (IAI), pada Oktober 2021, meminta izin Israel untuk mentransfer salah satu sistem tersebut ke Angkatan Bersenjata Ukraina yang saat ini melawan invasi Rusia.

 Israel, menurut Demchuk yang dilansir The Jerusalem Post, Sabtu (14/5/2022), memenuhi permintaan negara Baltik tersebut.

 Namun, Israel belum memberikan konfirmasi secara resmi atas laporan jurnalis Ukraina tersebut.

Sistem rudal Blue Spear adalah salah satu sistem rudal anti-kapal paling canggih di dunia, memungkinkan untuk diluncurkan dari platform berbasis darat dengan penerbangan dengan kecepatan subsonik tinggi.

Sistem rudal anti-kapal akan menjadi sangat penting di teater selatan Ukraina, yang terutama berkisar pada pertempuran laut di Laut Hitam dan Laut Azov.

Laporan dari jurnalis Ukraina itu muncul menyusul laporan media Israel, Ha’aretz, pada awal Mei lalu yang menyatakan Israel condong ke arah memperluas bantuannya ke Ukraina, termasuk mengirim bantuan militer.

Peningkatan bantuan akan menjadi langkah substansial dibandingkan dengan apa yang telah disediakan Israel, dan akan lebih simbolis.

Pos terkait