Pertama di Dunia, Penelitian Tel Aviv : 99,9% Kuman COVID-19 Mati Dalam 30 Detik Dengan LED UV

Jurnalpatrolinews – Tel Aviv :Radiasi ultraviolet adalah metode umum untuk membunuh bakteri dan virus. Sekarang, para peneliti dari Tel Aviv University telah membuktikan bahwa novel coronavirus, SARS-CoV-2, dapat dibunuh secara efisien, cepat dan murah menggunakan dioda pemancar cahaya ultraviolet (UV) (UV-LED). 

“Kami menemukan bahwa membunuh virus corona cukup mudah menggunakan lampu LED yang memancarkan sinar ultraviolet,” kata Prof Hadas Mamane, kepala Program Teknik Lingkungan di Sekolah Teknik Mesin Universitas Tel Aviv, yang memimpin penelitian tersebut.

Dia mengatakan bahwa Lampu LED itu membutuhkan kurang dari setengah menit untuk menghancurkan lebih dari 99,9% virus corona.

Penelitian ini adalah yang pertama di dunia. Sebuah artikel tentang itu diterbitkan awal bulan ini di Journal of Photochemistry and Photobiology B: Biology .

Media The Jerusalem Post telah menulis tentang Mamane berkali-kali.  Dia mempresentasikan musim panas ini di Boris Mints Institute 2020 Research Conference tentang keterlibatannya dalam pembangunan “tembok hijau” sepanjang 30 meter di universitas, yang dimaksudkan untuk menciptakan ekosistem yang berkelanjutan untuk limbah, energi, dan air. Dinding juga berfungsi sebagai laboratorium hidup untuk menganalisis penggunaan greywater (air limbah yang dihasilkan dari bak cuci, pancuran, bak mandi, dan mesin cuci) dalam menyerap karbon dioksida, serta pengaruhnya terhadap perpindahan panas dan pembangkit energi di dalam gedung. .

Pada awal krisis virus korona , tim risetnya mengembangkan alat produksi etanol Israel, berbiaya rendah, terdesentralisasi, dan tidak berpolusi – dan dengan demikian pembersih tangan berbasis alkohol – dari limbah nabati, seperti trim kota dan pertanian, jerami. dan sisa serat kertas.

LED tersedia dalam berbagai panjang gelombang, yang dikenal sebagai A, B dan C, jelas Mamane.

UV-A memiliki panjang gelombang pada kisaran 315 nanometer (nm) hingga 400 nm. UV-B, juga dikenal sebagai sinar gelombang sedang, memiliki panjang gelombang 280-315 nm; UV-C memiliki panjang gelombang 200-280 nm.

UV-A dipancarkan oleh matahari (dan sumber buatan seperti tanning bed) dan lebih lemah dari UV-B dan C.Iv-A memiliki beberapa manfaat bagi manusia, seperti pembentukan vitamin D, tetapi juga menyebabkan kulit terbakar dan, dalam beberapa kasus, kanker kulit.

Radiasi UV-B dan C tidak pernah benar-benar mencapai manusia secara alami karena sinar ini diserap oleh lapisan ozon bumi.

Panjang gelombang ultraviolet ini, yang sedang diperiksa oleh para peneliti Tel Aviv, sangat efektif dalam desinfeksi menggunakan bohlam LED.

“Kami tahu, misalnya, bahwa staf medis tidak punya waktu untuk mendisinfeksi secara manual, katakanlah, keyboard komputer dan permukaan lain di rumah sakit – dan hasilnya adalah infeksi dan karantina,” kata Mamane. “Sistem desinfeksi berdasarkan bohlam LED, bagaimanapun, dapat dipasang di sistem ventilasi dan AC, misalnya, dan mensterilkan udara yang dihisap dan kemudian dipancarkan ke dalam ruangan.”

Dalam penelitian timnya, mereka berhasil membunuh virus menggunakan bohlam LED yang lebih murah dan lebih banyak tersedia – bohlam 285 nm vs 265 nm – yang mengonsumsi sedikit energi dan tidak mengandung merkuri seperti bohlam biasa.

Dia mengatakan bahwa seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, industri akan dapat membuat penyesuaian yang diperlukan dan memasang bohlam dalam sistem robotik, atau AC, sistem vakum dan air, dan dengan demikian dapat secara efisien mendisinfeksi permukaan dan ruang yang besar.

“Penelitian kami memiliki implikasi komersial dan sosial,” kata Mamane.

Dia menambahkan bahwa timnya telah lama mengerjakan UV-LED sebelum virus korona. Tetapi ketika COVID-19 muncul, mereka mencoba untuk melihat apakah mereka dapat mentransfer upaya mereka untuk mengatasi virus korona manusia, mempelajari penggunaan LED untuk membunuh korona pada frekuensi yang berbeda.

Dia mengatakan LED 285 nm lebih murah 15% hingga 30% dan hanya membutuhkan sedikit lebih banyak waktu agar efektif.

“Apa pun yang bisa mengurangi biaya bisa membantu implementasi,” katanya.

Ia menambahkan, LED UV memiliki keunggulan karena bisa dihidupkan dan dimatikan dalam sekejap.

Mamane percaya bahwa teknologi ini adalah masa depan, menambahkan bahwa dia berharap pada tahun 2025, biayanya cukup efektif untuk menjadi arus utama.

“LED UV memiliki masa depan yang besar,” tambahnya. “Tentu saja, seperti biasa, dalam hal radiasi ultraviolet, penting untuk menjelaskan kepada orang-orang bahwa berbahaya untuk mencoba menggunakan metode ini untuk mendisinfeksi permukaan di dalam rumah. Anda perlu tahu bagaimana merancang sistem ini dan bagaimana bekerja dengannya sehingga Anda tidak langsung terkena cahaya. ”

Komentar