12 dibaca,  1 dibaca hari ini

JurnalPatroliNews – Washington DC ,– Amerika Serikat (AS) melaporkan lebih dari 1.000 kematian akibat virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Angka ini tercatat sebagai tambahan kematian terbanyak dalam sehari di AS sejak awal Juni.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (22/7/2020), setelah beberapa minggu mengalami penurunan angka kematian, analisis data Reuters menunjukkan ada lebih dari 5.200 kematian akibat Corona dalam sepekan hingga 19 Juli. Angka itu naik 5 persen dari sepekan sebelumnya. Pekan itu menjadi pekan kedua saat angka kematian meningkat di AS.

Nyaris 142 ribu orang meninggal akibat Corona di AS. Para pakar memperingatkan bahwa total kematian akibat Corona di AS akan semakin bertambah setelah terjadi lonjakan jumlah kasus dan lonjakan kasus positif yang dirawat di rumah sakit di berbagai negara bagian AS.

Angka kematian akibat Corona di AS mencapai puncak pada April lalu, saat rata-rata 2.000 orang meninggal setiap harinya. Analisis Reuters menyebut angka kematian menurun stabil sejak saat itu, dengan rata-rata 1.300 kematian dalam sehari pada bulan Mei dan di bawah 800 kematian dalam sehari pada bulan Juni.

Namun setelah banyak negara bagian membuka kembali perekonomian dan melonggarkan pembatasan sosial, angka kematian kembali naik. Tercatat sedikitnya ada 21 negara bagian AS, termasuk Arizona, Florida dan Texas, yang melaporkan kenaikan angka kematian akibat Corona beberapa pekan terakhir.

Sementara beberapa kenaikan jumlah kasus baru Corona dipicu oleh lebih banyaknya tes yang dilakukan, jumlah pasien rawat inap — yang tak terkait angka tes Corona — juga mulai naik pada akhir Juni lalu. Sepanjang bulan Juli, sedikitnya 17 negara bagian AS melaporkan kenaikan jumlah pasien Corona yang rawat inap.

Salah satunya di Florida, dengan puluhan rumah sakit melaporkan bahwa Unit Perawatan Intensif (ICU) mereka mencapai kapasitas penuh dalam beberapa waktu terakhir.

Data penghitungan terbaru Johns Hopkins University (JHU) yang berbasis di Baltimore menunjukkan 3.897.465 kasus Corona kini tercatat di AS, dengan jumlah kematian mencapai 141.972 orang.

[dtk]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *