Pesan 20 Buah, Sandiaga Jadikan Keris Desa Aeng Tong-tong Sumenep Sebagai Suvenir KTT G20

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berencana menjadikan keris asal Desa Wisata Aeng Tong-tong, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sebagai suvenir delegasi yang hadir dalam salah satu side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

“Keris ini butuh waktu pembuatan yang tidak sebentar. Karena ada 20 negara dalam G20, jadi kita pesan 20 buah dulu untuk salah satu perhelatan G20,” ungkap dia di desa tersebut lewat keterangan resmi, Jakarta, Selasa.

Untuk pembuatan sebuah keris, bisa menghabiskan waktu selama 1-6 bulan, tergantung ukuran dan motif yang dibentuk. Normalnya, panjang keris di Pulau Madura antara 37-38 sentimeter.

Proses pengerjaan produk kriya itu dimulai dari pemilihan besi, penempaan, lalu pembentukan bilah, kinatah/ukir besi, warangka/pembuatan sarung keris dari kayu. Terakhir, keris diwarangi/dicampurkan cairan arsenikum dengan air jeruk nipis yang dicelupkan ke benda bersejarah tersebut.

“Pembuatan keris ini menandakan dinamika kehidupan masyarakat, bahwa kita mulai dari ditempa, diukir, dibengkok-bengkokkan, akhirnya menjadi produk yang membanggakan bagi bangsa,” kata Menparekraf.

Lebih lanjut, ia mendorong keris Desa Wisata Aeng Tong-tong agar lebih dikenal oleh masyarakat luas terutama generasi milenial. Karena itu, produk keris diusulkan untuk ditampilkan dalam berbagai film Indonesia seperti Gundala dan Gatot Kaca.

Komentar