Pesawat-Pesawat Pembom China Mensimulasikan Serangan Terhadap Kapal Induk AS Di Dekat Taiwan

Jurnalpatrolinews – New York : Pesawat tempur China mensimulasikan serangan rudal di kapal induk AS terdekat Minggu lalu, Financial Times mengutip sumber intelijen yang tidak disebutkan namanya.

Sumber tersebut mengklaim bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengirim 11 pesawat ke sana pada 23 Januari, dan 15 lagi pesawat tempur ke zona barat daya pertahanan udara Taiwan pada hari berikutnya.

Pesawat-pesawat tempur tersebut dilaporkan termasuk pembom dan jet tempur yang melakukan latihan yang menggunakan kelompok serang kapal induk AS di area yang sama sebagai target simulasi.

Minggu lalu, Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) mengumumkan bahwa “Theodore Roosevelt Carrier Strike Group (TRCSG) telah memasuki Laut Cina Selatan pada tanggal 23 Januari untuk melakukan operasi rutin”.

Washington secara rutin mengirim kapal perangnya ke Laut China Selatan, yang perairannya disengketakan oleh lima negara tetapi sebagian besar dikendalikan oleh Beijing.

Latihan hari Minggu itu dilakukan beberapa minggu setelah China menolak tawaran pembicaraan terbaru Taiwan, menuduh Taipei mengupayakan konfrontasi dengan Beijing di tengah upaya pulau itu untuk merdeka.

Kantor Urusan Taiwan China mengatakan dalam sebuah pernyataan awal bulan ini bahwa sejak 2016, Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa di pulau itu “terus memprovokasi dengan mencari kemerdekaan, menghadapi daratan di setiap kesempatan, dan dengan sengaja menciptakan konfrontasi di seluruh Selat Taiwan”.

Pernyataan itu muncul beberapa jam setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menekankan bahwa Taipei siap untuk melakukan pembicaraan “yang berarti” dengan Beijing atas dasar kesetaraan.

Komentar