1,873 dibaca,  35 dibaca hari ini

Jurnalpatrolinews – Enarotali : Bupati Meki Nawipa memenuhi janjinya untuk mengutamakan Orang Asli Papua dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS Paniai. Seluruh dari 373 peserta yang dinyatakan lulus dalam Tes CPNS untuk formasi 2018 berasal dari kalangan OAP.

“Untuk (peserta yang dinyatakan lulus tes CPNS) Paniai, 100% ialah OAP bahkan 85% (di antaranya) OAP Paniai. Ini membuktikan keberpihakan saya kepada masyarakat,” kata Nawipa, Minggu (2/8/2020).

Nawipa mengklaim mereka mengusulkan penambahan formasi dalam rencana perekrutan CPNS tersebut, tetapi tidak dipenuhi pemerintah pusat. Karena itu, dia meminta peserta yang tidak lulus tes untuk bersabar.

“Saya berharap kepada saudara-saudariku yang belum lulus tes CPNS bisa bersabar. Jika ada pengangkatan (penerimaan CPNS) lagi, saya pasti berjuang keras supaya kalian juga  berkesempatan berkarya pada daerah ini,” kata Nawipa.

Anggota DPR Papua asal Meepago Alfred Fredy Anouw memuji komitmen Nawipa. Bupati Paniai itu dinilainya memiliki keberpihakan kuat terhadap pemberdayaan OAP.

“Tidak semua orang bisa lakukan seperti itu. Apabila Paniai dapat kuota lebih besar (dalam setiap penerimaan CPNS), saya pastikan angka pengangguran berkurang,” kata Anouw.

Dia mengatakan kebijakan Nawipa patut menjadi contoh bagi kepala daerah lain di Papua. Mereka harus semaksimal mungkin memperjuangkan keadilan bagi OAP. “Paling utama ialah meningkatkan koordinasi dengan pihak BKD (Badan Kepegawaian Daerah) supaya hasil tes CPNS tidak dipersoalkan pada kemudian hari.”  (jubi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *