Pihak Rizieq Klaim Tak Pernah Diperiksa soal FPI Dukung ISIS

JurnalPatroliNews – Jakarta, Anggota Tim Kuasa Hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengatakan kliennya tak pernah diperiksa polisi terkait video yang menampilkan pentolan FPI itu mendukung organisasi teroris ISIS.

“Tidak pernah,” kata Aziz saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis (31/12).

Hal ini menanggapi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang sebelumnya memutar rekaman video tersebut. Dalam video itu ditunjukkan bahwa Rizieq mendukung jaringan teroris ISIS.

Aziz pun membantah data yang dipaparkan Mahfud. “Fitnah besar,” katanya.

Menurutnya, dalam salah satu ceramahnya bahkan Rizieq menegaskan bahwa ISIS berbahaya lantaran merasa paling benar sendiri. Aziz mengatakan, Rizieq juga bersimpati dengan kondisi di sejumlah negara Islam yang pecah karena keberadaan ISIS.

Dia menyatakan, saat itu Rizieq mengatakan bahwa peperangan di sejumlah negara Islam di Timur Tengah itu disebabkan karena ISIS merasa paling Islam sendiri. Mereka menganggap semua orang di luar mereka kafir, murtad dan boleh dibunuh.

“Dengan tegas Habib Rizieq menyatakan semua pandangan sempit tersebut adalah haram,” ujarnya.

Bahkan menurutnya, Rizieq melarang santri dan laskar FPI berperang di Irak dan di Syam karena musuh di sana tidak jelas.

Tidak hanya itu, Aziz juga mengutip pernyataan Rizieq yang menyebut bahwa ISIS adalah musuh FPI. Menurutnya, Rizieq tidak pernah sekalipun mendukung tindakan ISIS.

Dia menyampaikan, Rizieq menyatakan bahwa pihaknya lebih peduli kepada rakyat Palestina. Namun FPI tidak mendukung perjuangan ISIS di Suriah dan Irak.

“Karena di sana terjadi peperangan antarsesama umat Islam hanya karena perbedaan mazhab. Tidak ada Khalifah yang menghancurkan umat Islam gara-gara hanya perbedaan mazhab,’” ujar Aziz menirukan ucapan Rizieq.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Rusdi Hartono untuk mengonfirmasi hal ini. Namun hingga kini belum memberikan tanggapan.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD memamerkan video berisi pernyataan Rizieq Shihab yang mendukung organisasi teroris ISIS. Video itu ditayangkan setelah pemerintah melarang FPI.

Mahfud mengatakan video itu adalah gambar pendukung dari keputusan pelarangan FPI. Salah satu video yang ditayangkan diberi judul “Video Dukungan FPI terhadap ISIS”.

Video itu menayangkan pidato Rizieq yang membahas keberadaan organisasi ISIS. Rizieq menyebut FPI mendukung hal-hal baik dari ISIS, seperti cita-cita menegakkan syariat Islam, menegakkan khilafah, hingga perlawanan terhadap kezaliman Amerika Serikat.

(cnn)

Komentar