PLO: Liga Arab, OKI Dibubarkan Dan Tidak Akan Pernah Bersidang

Jurnalpatrolinews – Ramallah : Saeb Erekat, sekretaris Komite Eksekutif PLO, kemarin mengatakan bahwa Liga Arab dan Organisasi Konferensi Islam (OKI) telah dibubarkan dan tidak akan pernah bersidang di masa depan,  Al-Watan Voice  melaporkan.

Berbicara kepada  Radio Palestina , Erekat berkata: “Mengapa mereka [Liga Arab dan OKI] bersidang jika mereka tidak bersidang karena melanggar konstitusi negara?” mencatat bahwa Konstitusi UEA menetapkan komitmen untuk agenda Arab bersama.

“Saya yakin bahwa organisasi-organisasi ini telah dibubarkan dan ini akan segera menjadi jelas,” katanya, menambahkan: “Jika Sekretaris Liga Arab dan OKI tidak dapat mempertahankan keputusan organisasi mereka, mengapa mereka tetap? ”

Erekat menekankan bahwa “nasib rakyat Palestina adalah tetap di tanah ini [Palestina] dan [Perdana Menteri Israel] Netanyahu dan [Penasihat Kepresidenan AS] Kushner membuat pencapaian dengan menikam orang-orang Palestina dari belakang.”

Komentar Erekat muncul beberapa hari setelah Presiden AS Donald Trump  mengumumkan  kesepakatan damai antara UEA dan Israel yang ditengahi oleh Washington.

Abu Dhabi mengatakan kesepakatan itu adalah upaya untuk  mencegah  rencana aneksasi Tel Aviv   atas Tepi Barat yang diduduki, namun, penentang percaya upaya normalisasi telah dimulai selama bertahun-tahun karena pejabat Israel telah melakukan kunjungan resmi ke UEA dan menghadiri konferensi di negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik lain dengan negara pendudukan.

Netanyahu mengulangi kemarin bahwa aneksasi  tidak akan dibatalkan , tetapi hanya ditunda.