Polisi Pastikan Bakal Swab Test Habib Rizieq Sebelum Diperiksa Besok

  • Whatsapp
Foto: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Yogi Ernes/detikcom)

JurnalPatroliNews – Jakarta – Habib Rizieq Syihab dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kerumunan di Petamburan besok. Polisi memastikan akan melakukan swab test kepada Habib Rizieq sebelum diperiksa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, swab test terhadap terperiksa merupakan bagian dari penerapan protokol kesehatan yang harus dilakukan kepolisian.

Bacaan Lainnya

“Kita harus swab test di sini untuk bisa memastikan jangan sampai penyidik di sini malah yang diperiksa positif, penyidiknya kena. Makannya protokol kesehatan harus kita gunakan,” kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/11/2020).

Selain itu, Yusri juga mengimbau warga simpatisan Habib Rizieq untuk tidak datang untuk menemani pemeriksaan Rizieq Syihab. Dia berharap warga disiplin untuk mengikuti protokol kesehatan dengan tidak datang bergerombol dan membuat kerumunan.

“Iya kan mengimbau aja ke sini datang yang baik-baik aja nggak usah bawa pasukan,” imbuh Yusri.

Penyidik Polda Metro Jaya pada Minggu (29/11) mendatangi kediaman Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat. Kedatangan tersebut bertujuan untuk melayangkan surat panggilan kepada Habib Rizieq terkait kasus kerumunan di Petamburan.

Habib Rizieq direncanakan akan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Selasa (1/12) mulai pukul 10.00 WIB.

Terkait kesehatan Habib Rizieq Syihab hingga saat ini pun masih menjadi teka-teki. Usai menjalani perawatan di Rumah Sakit Ummi Bogor, Jawa Barat, Habib Rizieq meninggalkan lokasi secara mendadak.

Pihak Habib Rizieq mengaku telah melakukan swab test di rumah sakit tersebut. Namun hingga kini hasil tersebut belum diketahui Satgas COVID-19 Kota Bogor.

Sebelumnya, Front Pembela Islam (FPI) mengklaim Habib Rizieq Syihab (HRS) telah menjalani swab test PCR mandiri. Hasilnya, Imam Besar FPI tersebut dinyatakan negatif COVID-19.

“Sudah, sudah dites (swab). Negatif,” kata Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar saat dihubungi detikcom, Senin (23/11/2020).

Aziz mengatakan pemeriksaan COVID-19 ini dilakukan oleh tim medis yang diutus oleh FPI, yaitu dari Hilal Merah Indonesia atau HILMI dan MER-C. Namun ia tak bisa memerinci apakah tim medis yang mendatangi kediaman HRS atau sebaliknya.

“Dari kita, kan kita bilang ada tim dari MER-C sama HILMI dia punya alatnya lengkap,” ucapnya.

Ia mengatakan kegiatan tes swab ini dilakukan pada Minggu (22/11) lalu. Selain HRS, istri beserta seluruh anak dan menantu dites COVID-19 dan dinyatakan negatif Corona dalam tes yang disebutkan Azis ini.

“Ada tadi (keluarga di-swab test). Kalau tadi, anak sama menantunya juga negatif,” terangnya.

(dtk)

Pos terkait