Polri Bakal Periksa Mobil yang Terlibat Bentrok Polisi-Pengawal Habib Rizieq

JurnalPatroliNews – Jakarta – Polri akan memeriksa mobil yang terlibat dalam bentrok antara polisi dengan pengawal Habib Rizieq Shihab (HRS) di Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Pemeriksaan akan dilakukan oleh Puslabfor Mabes Polri.

“Saat ini akan dilakukan autopsi dan Puslabfor akan memeriksa mobil,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono melalui keterangannya, Selasa (8/12/2020).

Argo menyampaikan, hingga saat ini 6 orang jenazah yang ditembak masih berada di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Keenam jenazah kata Argo, masih diperiksa oleh dokter forensik.

“Iya masih belum selesai pemeriksaan kedokteran forensiknya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, upaya pengejaran polisi terhadap pengikut Habib Rizieq Shihab di Tol Jakarta-Cikampek mendapat perlawanan. Pengikut Habib Rizieq dan aparat kepolisian terlibat baku tembak hingga menewaskan 6 orang pengikut Habib Rizieq.

“Anggota yang terancam keselamatan jiwanya karena diserang kemudian melakukan tindakan tegas dan terukur, sehingga terhadap kelompok yang diduga pengikut MRS yang berjumlah 10 orang, meninggal sebanyak 6 orang,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, yang didampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12).

Fadil Imran menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. Petugas kepolisian mulanya melakukan penyelidikan setelah mendapat informasi adanya rencana pengerahan massa mengawal Habib Rizieq terkait pemeriksaan hari ini. Polisi kemudian menyelidiki informasi tersebut dan melakukan pembuntutan.

“Berawal dari informasi ada pengerahan massa ada saat MRS dilakukan pemeriksaan di PMJ dari berbagai sumber, termasuk rekan media mungkin dengar berita melalui WAG bahwa ada pengerahan massa untuk mengawal pemeriksaan MRS di Polda Metro Jaya. Terkait hal tersebut, kami kemudian melakukan penyelidikan kebenaran informasi tersebut,” paparnya.

Namun upaya polisi tersebut mendapat perlawanan. Fadli Imran mengungkapkan pengikut Habib Rizieq menyerang para petugas dengan senjata api, sehingga tindakan tegas dan terukur pun dilakukan.

“Terkait hal tersebut, kami kemudian melakukan penyelidikan kebenaran informasi tersebut. Dan ketika anggota PMJ mengikuti kendaraan yang diduga adalah pengikut MRS, kendaraan petugas dipepet, lalu kemudian diserang dengan menggunakan senjata api dan senjata tajam sebagaimana yang rekan-rekan lihat di depan ini,” kata Fadli Imran.

“Saya ulangi terhadap kelompok MRS yang menyerang anggota dilakukan tindakan tegas dan meninggal dunia sebanyak 6 orang,” imbuhnya.

Berikut ini identitas 6 orang yang tewas dalam kejadian itu:

a. Faiz Ahmad Syukur/LK/22 Thn
b. Andi Oktiawan/LK/33 Thn
c. M. Reza/LK/20 Thn
d. Muhammad Suci Khadavi Poetra/LK/21 Thn
e. Lutfhil Hakim/LK/24 Thn
f. Akhmad Sofiyan/LK/26 Thn

(dtk)

Komentar