PRC-PPI Adakan Simulasi Pilpres 2024, Ayoo..Cek Disini Siapa Yang Terkuat!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 masih dua tahun lagi, namun aromanya sudah sangat memikat sehingga cukup banyak organisasi maupun masyarakat yang mencoba memprediksi siapa calon terkuat dengan melakukan beberapa survey. Politika Research and Consulting (PRC), berkolaborasi dengan Parameter Politik Indonesia (PPI), melakukan Simulasi 3 pasang Calon Presiden-Calon Wakil Presiden dengan 3 skema. Pasangan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi duet terkuat dari 3 skema tersebut.

Survei PRC-PPI ini dilakukan pada 12 November-4 Desember 2021 dengan jumlah responden 1.600 orang berusia minimal 17 tahun, yang tersebar secara Proporsional di 34 Provinsi yang diwawancarai secara tatap muka. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Multistage Random Sampling.

Bacaan Lainnya

Dalam skema pertama Simulasi 3 pasang Calon, diantaranya ada duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil (RK), Prabowo Subianto-Puan Maharani, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam skema pertama ini, pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil unggul dari dua pasangan lainnya.

Skema 1

1. Ganjar-RK: 32,1%

2. Prabowo-Puan: 25,7%

3. Anies-AHY: 23,7%

Tidak tahu/tidak menjawab: 18,5%

Pada skema kedua, pasangan Ganjar-Sandiaga Uno, Prabowo-Airlangga Hartarto, dan Anies-AHY. Hasilnya, pasangan Ganjar-Sandiaga unggul dari dua calon lainnya.

Skema 2

1. Ganjar-Sandiaga: 36,2%

2. Prabowo-Airlangga: 26,9%

3. Anies-AHY: 19,1%

Tidak tahu/tidak menjawab: 17,8%.

Di skema 3, pasangan Prabowo-Anies Baswedan, Sandiaga-Puan Maharani, dan Airlangga-Muhaimin Iskandar. Hasilnya, Prabowo-Anies unggul dari dua calon di skema 3.

Skema 3

1. Prabowo-Anies: 49,7%

2. Anies-Puan: 20,5%

3. Airlangga-Cak Imin: 3,8%

Tidak tahu/tidak menjawab: 26,0%

Pos terkait