Presiden Siap Disuntik Duluan, Ini 6 Fakta Vaksin Sinovac Tiba di Tanah Air

JurnalPatroliNews – Jakarta Vaksin Covid-19 Sinovac asal China telah sampai di Indonesia. Vaksin tersebut tiba pada 6 Desember 2020 setelah menempuh rute penerbangan Beijing-Jakarta.

Terdapat sekitar 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk program vaksinasi nasional. Tersedianya vaksin tersebut membuat masyarakat bertanya-tanya, siapakah yang akan disuntik terlebih dahulu.

Ada sejumlah fakta menarik tentang tibanya 1,2 juta dosis vaksin ke Tanah Air dan siapakah yang akan disuntik terlebih dahulu. Berikut rekan media telah merangkumnya pada Sabtu (12/12).

1. Pemerintah Diminta Memperbanyak Vaksin Gratis

Anggota Komisi IX DPR RI, Yahya Zaini meminta pemerintah mengubah skema pemberian vaksin Covid-19 untuk masyarakat. Ia meminta agar jumlah penerima vaksin program yang dibiayai pemerintah diperbanyak lagi.

Rencananya jumlah penerima vaksin program yang dibiayai pemerintah sebesar 30% dan 70% bersifat mandiri.

“Pemerintah seharusnya justru mengutamakan kepentingan rakyat dengan memperbanyak vaksin gratis untuk rakyat terutama bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Pemerintah tidak boleh berbisnis dengan rakyat dengan memperbesar jumlah vaksin mandiri,” ujar Yahya melalui keterangan tertulisnya.

2. Vaksin akan Disediakan Jika Lolos Uji Klinis

Program pengadaan vaksin dilakukan pemerintah sebagai wujud penanggulangan pandemi Covid-19. Vaksin SInovac akan melalui uji klinis terlebih dahulu supaya aman ketika diberikan kepada masyarakat.

“Pemerintah Indonesia menjadikan vaksinasi sebagai bagian dari strategi penanggulangan pandemi Covid-19. Pemerintah hanya akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi,” ungkap Menkes Terawan.

3. Presiden Jokowi Siap Disuntik Duluan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa dirinya siap disuntik terlebih dahulu jika diminta oleh tim penanganan Covid-19.

“Kalau ada yang bertanya Presiden nanti di depan atau dibelakang? Kalau oleh tim diminta saya yang paling depan ya saya siap,” kata Jokowi saat meninjau simulasi vaksinasi di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020).

4. Tenaga Kesehatan Diprioritaskan

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, sesuai rekomendasi ITAGI dan SAGE apabila ketersediaan vaksin terbatas di tahap awal maka target sasaran adalah kelompok berisiko. Dalam hal ini tenaga kesehatan beserta tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

“Untuk itu, tahap pertama vaksinasi dilakukan terhadap tenaga kesehatan di Jawa dan Bali. Tahap selanjutnya untuk tenaga kesehatan di luar Jawa dan Bali,” kata Menkes Terawan dalam keterangan resminya.

5. TNI dan Polri juga Didahulukan

Aparat Kepolisian dan Tentara Republik Indonesia (TNI) pun termasuk yang akan mendapatkan injeksi vaksin covid-19 terlebih dahulu. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto di Jakarta.

Menurut Airlangga, prioritas ini sesuai dengan instruksi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sekaligus mengikuti standar World Health Organization (WHO).

6. Pedagang Pasar Ikut Disuntik

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut pedagang pasar masuk dalam prioritas penerima vaksin Covid-19. Prioritas ini dikelompokkan dari orang yang paling rentan terpapar Covid-19.

“Kelompok berisiko tinggi, yaitu kelompok pekerja, termasuk pedagang pasar, pelayan toko, pramuniaga, dan mereka yang bekerja di sektor-sektor perusahaan industri,” kata Muhadjir dalam konferensi pers resminya.

(*/lk)

Komentar