Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen (DPAK) Pertama di Indonesia

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Universitas Kristen Indonesia (UKI) berdiri sebagai bagian dari pergumulan gereja Indonesia untuk berperan serta dalam pembangunan negara melalui dunia pendidikan tinggi. Lembaga pendidikan tinggi Kristen ini berdiri pada tanggal 15 Oktober 1953 di Jakarta dan terus mengembangkan diri. Pada tahun 1995, UKI mendirikan Program Pascasarjana dengan sejumlah program studi, dan universitas dengan moto “Melayani Bukan Dilayani” tidak pernah berhenti berkarya. Salah satu program studi unggulan yang dimilikinya adalah Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen. Pada era kepemimpinan Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., MBA., sebagai rektor UKI saat ini, universitas Kristen tertua di Indonesia ini berhasil membuka dua program studi Doktor, yaitu Doktor Pendidikan Agama Kristen (Doktor PAK) dan Doktor Hukum.

Dr. Demsy Jura dipercaya untuk memimpin program studi Doktor PAK UKI. Sebelumnya, pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara dan lulusan Doktor dari STII Yogyakarta ini dipercaya sebagai ketua Tim Pendiri Program Doktor PAK UKI. Setelah program Doktor PAK UKI memperoleh ijin penyelenggaraan dari Bimas Kristen Kementerian Agama RI pada tahun 2019, dosen yang berpengalaman mengajar lebih dari 25 tahun itu ditunjuk untuk memimpin prodi doktor pertama di UKI. Saat ini terdapat 20 mahasiswa angkatan pertama yang sedang mengikuti pendidikan Doktor PAK, yang merupakan satu-satunya Doktor PAK yang diselenggarakan oleh universitas Kristen di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Keberadaan program studi Doktor PAK di UKI merupakan kelanjutan dari program PAK yang sudah ada pada tingkatan Sarjana (SPAK) dan Magister (MPAK). Menurut Dr. Demsy Jura, partisipasi langsung dari UKI untuk mendukung pekerjaan Tuhan melalui gereja di Indonesia, dapat dijumpai dengan hadirnya program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) secara lengkap, baik jenjang Sarjana (SPAK), Magister (MPAK) dan Doktor (DPAK). Pakar Pendidikan Kristen yang bergabung dengan UKI sejak tahun 2017 itu mengatakan bahwa: “Program studi Doktor Pendidikan Agama Kristen (DPAK) didirikan sebagai upaya menjawab tantangan yang dihadapi dunia Pendidikan Agama Kristen. Tantangan yang dimaksud bukan saja berkaitan dengan sistem pendidikan dalam lingkup Pendidikan Agama Kristen, sarana dan prasarana, pemberdayaan organisasi pendidikan; namun lebih daripada itu, penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai bagian dari perencanaan dan pemberdayaan dunia Pendidikan Agama Kristen.”

Dalam lingkup Pendidikan Agama Kristen (PAK), perbaikan dan peningkatan kualitas SDM harus dilakukan dengan sungguh-sungguh guna mempersiapkan diri dalam meraih bonus demografi, guna memasuki era revolusi Industri 4.0. Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan modal penting guna memasuki era berbasis digital. Data menunjukan bahwa pemerintah saat ini berupaya keras dalam upaya peningkatan kualitas SDM dengan peningkatan anggaran pendidikan menjadi Rp. 505,8 triliun pada tahun 2020, dan angka ini mengalami peningkatan 29,6% jika dibandingkan dengan realisasi anggaran pendidikan pada tahun 2015 yang mencapai Rp. 390,3 triliun. Sayangnya anggaran sebesar itu masih belum memberi banyak manfaat bagi dunia pendidikan, sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan. Bersyukur prodi Doktor PAK UKI lahir dan siap berperan serta mendukung program pemerintah dalam dunia pendidikan tinggi.

Program studi Doktor PAK UKI berdiri dengan visi: “Menjadi Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen unggul di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat; melahirkan penemuan baru dan pengembangan kurikulum dan teologi pendidikan agama Kristen bagi masyakarat dan gereja yang berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Kristiani pada tahun 2034.” Untuk mewujudkan visi tersebut, maka dicanangkan misi program studi, yaitu: (1) Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Agama Kristen (PAK) berdasarkan kaidah keilmuan yang berbasis pada integrasi iman Kristen. (2) Membangun sumber daya manusia yang profesional, inovatif, kreatif, dan berintegritas untuk menguasai prinsip-prinsip Teologi dan Kurikulum PAK, (3) Melaksanakan riset untuk penemuan baru serta mengembangkan kurikulum dan teologi PAK berdasarkan kaidah ilmiah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kristiani yang berkarakter, dan (4) Mengembangkan kerjasama dengan institusi nasional/internasional, pemerintah dan lembaga kristiani dengan semangat ekumenis dan multi-religio yang berkelanjutan.

Tujuan yang hendak dicapai oleh program studi Doktor PAK UKI adalah: (1) Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Agama Kristen (PAK), dan yang berkualifikasi dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan kaidah keilmuan yang berbasis pada integrasi iman Kristen, (2) Menghasilkan lulusan dalam bidang Pendidikan Agama Kristen yang profesional inovatif, kreatif, dan berintegritas untuk menguasai prinsip-prinsip kurikulum dan teologi PAK, (3) Menghasilkan penemuan baru serta mengembangkan kurikulum dan teologi PAK berdasarkan kaidah ilmiah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kristiani yang berkarakter, (4) Menghasilkan hubungan kerjasama tridharma perguruan tinggi dengan institusi nasional/internasional, gereja, pemerintah dan institusi kristiani lainnya; dengan semangat ekumenis dan multi-religio yang berkelanjutan (roce)

Pos terkait