Punya Penyakit Paru Kronis, Nenek 103 Tahun Berhasil Sembuh dari Corona

JurnalPatroliNews – Jakarta, Seorang nenek berumur 103 tahun di Meksiko yang menderita penyakit paru kronis, telah berhasil sembuh dariinfeksi virus Corona.

Demikian diumumkan Institut Keamanan Sosial Meksiko (IMSS) mengumumkan.

IMSS yang merupakan bagian dari sistem perawatan kesehatan Meksiko, mengatakan bahwa nenek yang hanya diidentifikasi sebagai Dona Maria itu, telah dirawat di rumah sakit selama 11 hari.

Dia telah dites positif terkena COVID-19 tetapi terlepas dari masalah paru-parunya, tidak ada faktor yang memberatkan lainnya seperti diabetes, obesitas atau tekanan darah tinggi.

“Itulah yang berkontribusi pada perawatannya,” kata IMSS dalam sebuah pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (5/10/2020).

Nenek tersebut dirawat pada 22 September di rumah sakit regional di Guadalajara di negara bagian Jalisco barat, menderita demam, kesulitan bernapas, dan pilek. Dia tidak membutuhkan ventilator.

“Dia selalu sangat ceria, berbicara jelas dengan dokter. Bahkan pada akhirnya, dia menyuruh kami untuk menjaga diri kami. Perkembangannya sangat baik; gejalanya telah hilang,” kata direktur rumah sakit David Sanchez.

Pasien tersebut meninggalkan rumah sakit dan pulang ke rumahnya pada hari Jumat (2/10) waktu setempat. Foto-foto yang dirilis oleh IMSS menunjukkan dia bertepuk tangan kepada para dokternya saat keluar dari rumah sakit dengan kursi roda.

Meksiko telah mencatat sebanyak 757.953 orang terinfeksi virus Corona dengan 78.880 kematian sejak Februari.

Salah satu kasus yang lebih mengejutkan adalah seorang kakek berusia 118 tahun di sebelah tenggara negara bagian Tabasco yang didiagnosis COVID-19 pada 25 Juli lalu dan berhasil sembuh.

(dtk)

Komentar