Putin Klaim Semua Vaksin Covid-19 Rusia Manjur

JurnalPatroliNews – MOSKOW – Presiden Vladimir Putin mengatakan, semua vaksin Covid-19 buatan Rusia manjur. Ia menambahkan bahwa negara itu akan segera mendaftarkan uji coba ketiga terhadap vaksin virus tersebut.

Mantan pejabat KGB itu mengatakan Moskow siap bekerja sama dengan negara lain dalam pengembangan vaksin tetapi mendesak agar prosesnya tidak dipolitisasi seperti dikutip dari Independent, Selasa (10/11/2020).

Pernyataan ini datang hanya sehari setelah Pfizer Inc dan BioNTech mengatakan vaksin Covid-19 eksperimental mereka lebih dari 90 persen efektif.

Namun tidak seperti vaksin Rusia yang diberi nama Sputnik V, vaksin Pfizer didasarkan pada hasil uji coba Fase III, yang menimbulkan kritik dari komunitas ilmiah internasional.

Pada Agustus lalu, Putin mengumumkan, negara itu adalah yang pertama mengembangkan vaksin yang menawarkan “kekebalan berkelanjutan” dan mengatakan putrinya telah diberi suntikan sebagai bagian dari uji coba tahap awal.

Pemimpin Rusia itu mengatakan vaksin, yang disebut Sputnik V, akan diluncurkan ke masyarakat yang lebih luas akhir tahun ini, meskipun faktanya uji coba Fase III belum selesai.

Dr Ohid Yaqub, dosen senior di Unit Riset Kebijakan Sains di Universitas Sussex, mengatakan kepada The Sun pada bulan Agustus: “Saya berharap bahwa negara-negara lain tidak tertarik pada nasionalisme vaksin barel babi seperti itu.

“Semakin sedikit pengembangan vaksin yang terlihat seperti ini, semakin baik.

“Pengambilan keputusan harus dipublikasikan, terbuka untuk dicermati, dan bebas dari pengibaran bendera.

“Belum pernah terjadi sebelumnya untuk sepenuhnya melewatkan uji coba Tahap 3 seperti ini dalam pengobatan modern.”

Rusia pada hari Selasa melaporkan 20.977 infeksi virus korona baru dan 368 kematian. Pada 1.87m, penghitungan kasus secara keseluruhan adalah yang kelima terbesar di dunia, di belakang Amerika Serikat, India, Brasil dan Prancis.

(sdn)

Komentar