Ramai Bursa Calon Panglima TNI, Politikus PPP : Dari Segi Senioritas, Andika Perkasa Dinilai Layak

  • Whatsapp
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa./Net

JurnalPatroliNews – Jakarta, Akhir tahun ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun dari dinas militernya. Bursa calon Panglima TNI kini ramai diulas dalam berbagai forum. Siapa yang layak?

Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha mengamini saat ini idealnya adalah dari matra angkatan Laut, yaitu KSAL Laksamana TNI Yudi Margono.

Bacaan Lainnya

“Calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi yang akan memasuki pensiun pada bulan November yang akan datang bisa digantikan secara bergiliran dari masing-masing unit organisasi (UO), sebelum Marsekal Hadi, dijabat oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dari Angkatan Darat, maka giliran berikutnya setelah Marsekal Hadi yang UO Angkatan Udara adalah UO Angkatan Laut,” kata Tamliha, Minggu (13/6).

“Siapa orangnya, tentunya KSAL sekarang (Yudo),” sambung politikus PPP ini.
Kendati demikian, Legislator dapil Kalsel ini menilai, jika melihat dari senioritas maka Andika Perkasa yang layak menjadi pengganti Marsekal Hadi.

“Namun jika berdasarkan senioritas, maka KSAD Jenderal TNI Andhika adalah sosok yang pantas menjadi Panglima TNI,” ujar Tamliha.

Lebih lanjut, menurut Tamliha, terlepas dari giliran matra itu, keputusan akhir soa Panglima TNI ada di tangan Presiden Jokowi.

“Semuanya tergantung kepada selera Panglima Tertinggi, Presiden Jokowi,” pungkasnya.

(*/lk)

Pos terkait