Ratu Yordania Noor Menolak Kesepakatan Normalisasi UEA dan Israel

  • Whatsapp
Was6258137

Jurnalpatrolinews – Amman : Ratu Noor dari Yordania, istri mendiang Raja Hussein Bin Talal, telah menyatakan solidaritasnya dengan Pangeran Ali Bin Al Hussein, saudara tiri Raja Yordania Abdullah II yang menolak perjanjian normalisasi UEA dengan Israel.

Ratu Noor membagikan di Twitter sebuah artikel yang merinci kampanye solidaritas dengan Pangeran Ali dan kartunis Yordania  Emad Hajjaj  setelah UEA mengecam Pangeran Ali dan kartunis Yordania yang terkenal atas kritik mereka terhadap kesepakatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Pangeran Ali Bin Al-Hussein memicu kontroversi setelah dia men-tweet artikel oleh Profesor Emeritus Hubungan Internasional Inggris di Universitas Oxford, Avi Shlaim, berjudul “ Kesepakatan UEA-Israel: Terobosan atau Pengkhianatan? “.

Namun, pangeran kemudian menghapus artikel tersebut menyusul laporan kemarahan UEA dan dalam upaya untuk menghindari perselisihan antara kedua negara.

Pada 13 Agustus, Presiden AS Donald Trump  mengumumkan  kesepakatan damai antara UEA dan Israel yang ditengahi oleh Washington.

Abu Dhabi mengatakan kesepakatan itu adalah upaya untuk  mencegah  rencana aneksasi Tel Aviv   atas Tepi Barat yang diduduki, namun, para penentang yakin upaya normalisasi telah dimulai selama bertahun-tahun karena pejabat Israel telah melakukan kunjungan resmi ke UEA dan menghadiri konferensi di negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik atau lainnya dengan negara pendudukan.

Namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membantah dengan mengatakan pencaplokan itu  bukan tidak mungkin , tetapi hanya ditunda.

Pos terkait