Jumat, 26 Oktober 2018 12:40 WIB

NASIONAL

Bahan Ajar Akademi Desa 4.0, Disebarluaskan Perpusnas Dalam Sistem Digital

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Bahan Ajar Akademi Desa 4.0, Disebarluaskan Perpusnas Dalam Sistem Digital Foto : Ist

Jurnalpatrolinews - Jakarta,  Pada suatu waktu, tiga Srikandi yang ahli di bidangnya masing - masing, yakni ahli pendidikan dan pemberdayaan keluarga desa, Helmiyati Kepala Pusat Pelatihan Kemendes PDTT, ahli perpustakaan yang berhasil membangun perpustakaan desa Erlyn dari Perpuseru, serta Woro Titi Haryanti selaku Deputi Perpusnas mewakili Kepala Perpusnas Muh Syarief Bando, bertemu Ketua Tim Pakar Kemendes PDTT Haryono Suyono, Ketua Yayasan Anugerah Fajar Wiyono dan sekretarisnya Rudy Lubis, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ketua Tim Pakar Kemendes PDTT Haryono Suyono, di ruang kerjanya, di Jakarta, Kamis (25/10/2018) menyatakan, pertemuan itu membahas pengembangan bahan-bahan untuk pemberdayaan keluarga di desa.

Dikemukakannya, didahului penjelasan singkat dari dirinya, salah satu Srikandi, Pimpinan Pusat Pelatihan Kemendes Helmiyati menyatakan, dirinya atas nama Menteri Desa dan Sekjen Kemendes PDTT, siap menyerahkan bahan ajar awal Akaedmi Desa 4.0. Untuk diolah ke dalam system digital dan disiarkan secara luas oleh Perpustakaan Nasional.

Agar bisa segera diakses melalui internet oleh para petugas pembangunan desa dan masyarakat desa dari seluruh desa di Indonesia. Bahan-bahan ajar itu, ujarnya, sedang dalam tahap persiapan akhir di Kemendes akan segera diserahkan.

Sehingga, segera di-upload dalam system canggih yang dikelola oleh Perpusnas. Untuk keperluan para Kepala Desa dan penggiat pembangunan desa dan masyarakat desa di seluruh Indonesia.

Sementera, Yayasan Anugerah yang selama ini ikut melatih lebih dari 120 angkatan pengelola Posdaya dari puluhan ribu desa dari seluruh Indonesia, juga memiliki pengalaman dan bahan ajar seperti dimiliki Perpuseru. Seperti dipesankan Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo dan Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi, upaya pendidikan para petugas desa tidak dapat ditunda lagi.

Karena itu, persiapan bahan yang siap disebarluaskan harus segera menyebar ke seluruh desa. Pelatihan para petugas diselenggarakan melalui Pusat Pelatihan Kementerian, yang tersebar di sembilan wilayah di seluruh Tanah Air, dewasa ini sedang ditambah oleh mitra kerja dari berbagai Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Pertides.

Yakni Perguruan Tinggi mitra Kemendes PDTT, yang jumlahnya selalu ditambah setiap saat. Di samping itu Kemendes PDTT bersama mitra kerjanya juga sedang mempersiapkan pelatihan melalui system on-line, guna memenuhi kebutuhan tenaga profesional.

"Yang siap membantu masyarakat desa membangun desa dan masyarakat desa mencapai cita-cita pengentasan kemiskinan, serta pembangunan keluarga yang mandiri, bahagia dan sejahtera," tutur Haryono.

Setelah dilakukan diskusi secara panjang lebar, dikatakan mantan Menko Kesra dan Taskin tersebut, pertemuan yang akrab itu diakhiri dengan penyerahan bahan ajar oleh Helmiyati mewakili Kemendes PDTT dan Fajar Wiryono mewakili Yayasan Anugerah, kepada Ibu Woro Titi Haryanti mewakili Perpustakaan Nasional.

Penyerahan bahan ajar itu disaksikan staf senior Perpusnas, Ketua Tim Pakar Kemendes PDTY dan tamu undangan lainnya. "Diharapkan bahan ajar tersebut akan mulai bisa diakses melalui internet dari seluruh desa pada akhir Nobember mendatang," ujarnya.  (Rdk)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028