Rabu, 19 Juni 2019 20:35 WIB

NASIONAL

Bahas Isu Sampah Laut di KTT ASEAN, Ini Alasan Jokowi

Aldhy Irawan - jurnalpatrolinews
Bahas Isu Sampah Laut di KTT ASEAN, Ini Alasan Jokowi Foto : Presiden Joko Widodo.

JurnalPatroliNews JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) AM. Fachir mengatakan, isu lingkungan sampah laut yang akan dibahas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam KTT ASEAN di Thailand lantaran pemerintah ingin adanya kesepakatan antarnegara Asia Tenggara terkait mitigasi permasalahan sampah di laut.

"Itu nanti dalam bentuk dokumen intinya juga kesepakatan agar negara-negara ASEAN memiliki sikap yang sama kerja sama untuk memitigasi sampah plastik," kata Fachir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Menurut Fachir, pemerintah menilai permasalahan sampah laut menjadi penting karena Indonesia merupakan negara yang memiliki luas laut yang besar.

Ia pun belum mau merinci apakah Indonesia juga akan membahas isu persoalan impor sampah plastik.

"Kita hanya lebih fokusnya bagaimana memitigasi tatanan makin banyaknya sampah plastik di laut," tandasnya.

Keinginan untuk mengangkat isu sampah plastik di laut sebelumnya disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas membahas persiapan kunker ke KTT ASEAN dan KTT G-20, di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu siang.

Jokowi menilai isu mengenai sampah laut ini penting untuk diangkat dan menjadi perhatian kawasan.

"Berkaitan dengan combating marine debris, yang berkaitan dengan sampah laut, ini juga menjadi isu yang perlu kita angkat," kata Jokowi. (dai)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028