Kamis, 14 November 2019 09:36 WIB

DAERAH

BBKSDA Sumut dan BPDAS HL Wampu Sei Ular Lounching Tanaman Hutan di Tanjung Pura

Beno - jurnalpatrolinews
BBKSDA Sumut dan BPDAS HL Wampu Sei Ular Lounching Tanaman Hutan di Tanjung Pura Foto : Lounching Penanaman Tanaman Jenis Hutan, di Lahan Konservasi KSDA.
JurnalPatroliNews - Langkat,-- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS HL) Wampu Sei Ular, dan bekerjasama dengan kelompok tani Indah Bersama, melakukan kegiatan rehabilitasi kawasan SM Karang Gading dan Langkat Timur Laut, di Desa Suka Maju Kecamatan Tanjung Pura, Rabu (13/11/2019).
 
 
Informasi di himpun jurnalpatrolinews.co.id, penanaman perdana tanaman hutan tersebut berada dilahan tanaman perkebunan sawit milik masyarakat, yang sudah bergabung di Kelompok Tani  Indah Bersama di Desa Suka Maju.
 
 
Kelompok tersebut juga sudah mendapat izin melakukan rehabilitasi kawasan hutan dan melakukan bercocok tanam, untuk tanaman produktif.
 
 
Sebelumnya di ketahui, pada tahun lalu BBKSDA Sumut juga telah memberikan ijin yang sama untuk pengelolaan kawasan hutan untuk direhabilitasi dan ber cocok tanam.
 
 
Hanya saja, di kelompok tani (Koptan) tersebut yakni, Kelompok Tani Tumbuh Subur, berkomitmen untuk membasmi tanaman kelapa sawit yang ada didaerah tersebut.
 
 
Termasuk dilokasi areal Koptan Indah Bersama yang menjadi sasaran, sebelum kelompok tersebut mendapat ijin bekerja sama dengan Pihak BBKSD dalam melakukan rehabilitasi kawasan hutan.
 
 
Bahkan, kelompok tani Tumbuh Subur tersebut, mendapat dukungan dari BBKSD Sumut, yakni pihak intansi terkait menganggarkan anggaran dana untuk penumbangan tanaman kelapa sawit.
 
 
Namun lain nyatanya, dengan Kelompok Tani Indah Bersama ini, mereka diberi kelonggaran untuk bisa tetap memilihara tanaman kelapa sawit, hingga tanaman itu mati, atau sampai umur batas masa tanaman direplanting.
 
 
Pihak BBKSDA Sumut, melalui Kepala Bidang KSDA Wilayah I, Mustafa Imran Lubis SP, yang dikonfirmasi jurnalpatrolinews.co.id, terkait kegiatan apa hari ini, pihaknya mengatakan, ada Lounching Kegiatan Rehabilitasi Kawasan SM Karang Gading Dan Langkat Timur Laut, dilokasi Koptan Indah Bersama di wilayah administrasi Desa Suka Maju, Tanjung Pura.
 
 
Dilahan ini, katanya, sudah medapat ijin pengelolan kawasan hutan seluas 200 Hektar dengan dibagi 2 blok pengelolaan.
 
 
Dan pada hari dilakukan lonching tanaman, untuk penanaman tanaman hutan berupa bibit pohon berembang sebanyak 24.800 batang.
 
 
Kemudian tanaman Birah sebanyak 17.600 batang, tanaman Putat sebanyak 19.800, tanaman Nyamplung sebanyak 15.000, serta tanaman Loa sebanyak 19.800 batang.
 
 
Selanjutnya bibit tanaman produktif menghasilkan buah, seperti tanaman Pete, Sirsak, Melinjo, dan Cimpedak masing- masing jenis sebanyak 10.000 batang bibit, katanya.
 
 
Edi Surianta, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari
Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Wampu Sei Ular, seusai kegiatan lounching penaman tanaman, yang ditanya, boleh tidak adanya tanaman kelapa sawit dikawasan pinggiran sungai di kelompok tani Indah Bersama seperti ini, pihaknya mengatakan, sebenarnya tidak boleh.
 
 
Namun katanya, dikarena mereka merupakan bagian kelompok tani mitranya sebagai kelompok perahabilitasi kawasan hutan, ya diberi kesempatan memiliharanya hingga batas akhir tanaman di repelanting.
 
 
"Ya, ada batas tanam itu, nanti kalau dah masanya, harus ditumbangi," sebut Edi Surianta.
 
 
Secara terpisah, Kepala Seksi Konservasi Wilayah ll Stabat BBKSDA Sumut, Herbert Aritonang, yang ditanya melalui via WhatsApp terkait, kenapa di Kelompok Tani Indah Bersama itu tadi, masih ada tanaman kelapa sawitnya...?
 
 
Sementara, padahal, di kelompok Tani Subur Desa Tapak Kuda kemarin, pohon kelapa sawit ditumbangi.
 
 
Herbert pun menjawab, penumbangan bertahap pak, konsep kemitraan konservasi masih memberi peluang kepada masyarakat selama 10 tahun, dan dalam 10 tahun tetab direhab secara bertahap, katanya.
 
 
Hadir pada kegiatan itu Kapolsek Tanjung Pura IPTU Arwanda Sahputra Senbiring SH, Perwakilan Koramail 11 Tanjung Pura, serta Kepala Desa Suka Maju dan kelompok tani Indah Bersama.
 
(fahlevi)
 


Baca Juga
KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028