Minggu, 10 Februari 2019 22:28 WIB

DAERAH

Bertahun -Tahun Penangkaran Sarang Burung Walet Di Langkat Tak Miliki IMB " Pemkab Langkat Diklabui Pemilik Walet Soal Peruntukan Bangunan "

Beno - jurnalpatrolinews
Bertahun -Tahun Penangkaran Sarang Burung Walet Di Langkat Tak Miliki IMB Foto : Bangunan Penangkaran Sarang Burung Walet Di Tanjung Pura, Langkat, Yang Tidak Mengantongi Izin IMB Khusus Penangkaran Burung Walet
JurnalPatroliNews - Langkat,-- Berdasarkan data tahun lalu di Pemerintahan Kabupaten Langkat, mencatat, sedikitnya ada166 wajib pajak (WP) pengelola/pengusaha sarang burung walet di Kabupaten Langkat.
 
Namun dari jumlah WP itu, bisa dikatakan tidak mengantongi ijin IMB khusus penangkaran sarang burung walet.
 
Kendati demikian, Pemkab Langkat terkesan tutup mata, dan tidak berani merubuhkan bangunan tersebut.
 
R.Fadli Lubis SH, warga Langkat, ketika dimintai tanggapanya ke JurnalPatroliNews, Minggu (10/2) terkait soal tidak adanya IMB khusus peruntukan penangkaran sarang burung walet mengatakan, seharusnya bangunan itu dirubuhkan saja.
 
" Pemerintah di Langkat lemah dalam pengawasan soal atauran pengeluaran peruntukan perizinan. Sebab, sudah jelas yang dikeluarkan ijin IMB untuk Rumah toko (Ruko) namun disalah peruntukan untuk penangkaran sarang burung walet," ungkap R.Fadli Lubis SH.
 
Menurut Dia lagi, dari sisibangunan sudah jelas berbohong, yakni tentang desain atau bentuk jendela bangunan yang berbong, dan lainnya.
 
" Kesalahan dari bangunan penangkaran sarang burung walet itu cukup banyak, diantaranya tata letak bangunan yang berdekatan dengan rumah ibadah, tempat pendidikan, pemukiman warga, jalan lintas pasar tradisionil dan lainnya," sebut R.Fadli Lubis SH, sembari mengatakan, belumlagi soal dampak lingkungan, diantaranya, bisingnya suara dari kaset burung yang dikeluarkan, dan berdampak pada berkembang biaknya nyamuk malaria yang membahayakan masyarakat.
 
Seharusnya, kata R.Fadli Lubis SH, Pemerintah Langkat (Bagian pengeluaran perizinan IMB) harus tegas, sesuai Perda Kab Langkat.
 
" Bangunan itu sudah bertahun -tahun  melanggar Peraturan daerah (Perda), No 6 Tahun 2002 tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 
 
Seharus Intansi terkait melakukan pengawasan soal IMB nya, benar tidak, IMB yang di keluarkan itu sesuai peruntukannya," beber R.Fadli SH, sembari meminta Pemerintah Langkat harus bertindak tegas terkait bangunan yang salah peruntukan itu,  kalau perlu dirubuhkan, dikarena mereka jelas-jelas mengelabui Pemkab Langkat.
 
" Kita menduga, Intansi terkait (Bidang perizinan) tidak melakukan peninjauan desain dan pemantauan pelaksanaan bangunannya, sihingga kita lihat Bangunan IMB yang dikeluarkan untuk Ruko, ternyata tidak sesuai dengan perencanaan teknisnya, atau Izin IMB yang dikeluarkan untuk Ruko disalah peruntukan untuk bangunan penangkaran sarang burung walet," paparnya R.Fadli Lubis SH.(fahlevi)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : -
Media Partner : -
Iklan : -