Senin, 12 Agustus 2019 22:47 WIB

DAERAH

Bupati Langkat Dan Ketua DPRD, Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Bupati Langkat Dan Ketua DPRD, Tanda Tangani Nota Kesepahaman Foto : Bupati Langkat Dan Ketua DPRD Langkat Menandatangi Nota Kesepahaman.

JurnalPatroliNews - Langkat. Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin, menghadiri sidang Paripurna DPRD Kabupaten Langkat, tentang  penandatanganan nota kesepatan Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plapon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan (P) APBD  TA 2019, bertempat diruang Paripurna DPRD Langkat, di Stabat, Senin (12/8/2019).

Berita acara nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Bupati Langkat dan Ketua DPRD Langkat Surialam serta para wakil ketua DPRD Langkat H.Sapta Bangun, Ralin Sinulingga dan Donny Setha, dengan  SK No : 850/NK/BPKAD/2019 dan No: 900-2747/DPRD/2019 tanggal  12 Agustus 2019 tentang kebijakan  umum Perubahan  APBD  TA 2019.

Bupati pada sambutannya, menjelaskan, Pemkab Langkat menuangkan Perubahan APBD pada KUPA dan PPAS, agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan secara efektif, efisien dan akuntanbel.

Sebab, perubahan terjadi karena perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA yang telah ditetapkan sebelumnya, keadaan yang menyebabkan harus dilakukannya pergeseran anggaran antar SKPD, antar kegiatan dan antar jenis belanja.

“Serta karena  keadaan darurat dan keadaan luar biasa,”terangnya.

Hal ini, kata Bupati, dilaksanakan sesuai Pemendagri No 21 tahun 2011 tentang perubahan kedua atas perubahan Pemendagri No 13 tahun 2006 tentang pengelolaan keuangan daerah disebutkan bahwa, Perubahan APBD dapat disebabkan oleh beberapa hal diatas. 

Sementara itu, Ketua DPRD Langkat, dikesempatan sama, menerangkan, nota kesempahaman ini merupakan titk temu antara siklus  perencanaan dengan siklus penganggaran. 

Serta kesepakatan antara kepala daerah dengan DPRD sebagai komitmen bersama, dalam mewujudkan Langkat yang lebih maju. 

Selain itu, nota kesepahaman ini, juga akan menjadi acuan dan pedoman penyusunan RKA perangkat daerah serta penyusunan rancangan P APBD 2019.

“Untuk itu diharapkan kepada seluruh pemangku kepentingan dapat secara aktif dan respontif, dalam mengikuti tahapan berikutnya hingga disyahkannya Perda dimaksud,” terangnya.

Sebelumnya, pada rapat tersebut, telah mendengarkan  laporan dari Badan Anggaran atas hasil pembahasan   terhadap rancangan  KUPA dan PPAS P APBD Langkat 2019, yang disampaikan oleh Antoni sebagai  juru bicara.

Turut hadir segenap anggota DPRD Langkat, usur Forkopimda Langkat, Sekdakab Langkat serta para pejabat Pemkab Langkat, para wartawan dan hadirin undangan lainnya.  (fahlevi)

 


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : -
Media Partner : -
Iklan : -