JPNews
JPNews
Kamis, 08 November 2018 21:31 WIB

DAERAH

Bupati Langkat Lantik 639 BPD Se Wilayah Langkat Hilir

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Bupati Langkat Lantik 639 BPD Se Wilayah Langkat Hilir Foto : Bupati Langkat, Laksanakan Pelantikan Peresmian Dan Pengambilan Sumpah/Janji BPD Terpilih Se Langkat Hilir.

JurnalPatroliNews - Langkat,  Bupati Langkat, H Ngogesa kembali melakukan pelantikan sumpah/janji 639 BPD terpilih priode 2018-2024 se Langkat Hilir, bertempat di GOR Stabat, Kamis (8/11).

Informasi dihimpun JurnalPatroliNews, sebelumnya juga, Bupati Langkat ini, telah melantik 614 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Diwilayah Langkat Hulu pada Selasa (6/11) kemarin, di Lapangan Bola Kaki Polsek Kuala.

Dan selanjutnya akan melantik BPD kembali pada Wilayah Langkat Teluk Haru, pada Senin (12/11) mendatang.

Menurut Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu, BPD memiliki fungsi strategis dalam pembangunan Desa, yaitu menampung aspirasi masyarakat serta mengembangkan potensi yang ada pada Desa bersama Kepala Desa (Kades).

Dalam arahan dan bimbingannya, Bupati menjelaskan, BPD dan Kades sama-sama memiliki fungsi strategis dalam menyiapkan kebijakan pemerintahan Desa, untuk itu  keduanya harus mempunyai visi dan misi yang sejalan, sehingga tidak ada niat untuk saling menjatuhkan.

“Harus saling menguatkan dan saling melengkapi, sehingga pembangunan di Desanya cepat terlaksana,”terangnya.

 Selanjutnya Bupati , menegaskan, BPD dan Kades harus benar-benar serius untuk memajukan Desanya, sebab saat ini Desa telah memiliki anggaran dan fasilitas yang memadahi, baik bantuan  dari pemerintah pusat maupun daerah, hal ini agar tujuan nawacita segera tercapai dan terlaksana.

“Nawa cita adalah program presiden Joko Widodo, yang salah satu programnya, melakukan pemerataan pembangunan melalui daerah  pinggiran atau pelosok, seperti Desa,”jelasnya.

Selanjutnya H Ngogesa mengucapakan terimakasih kepada BPD priode 2012-2018 atas darma baktinya dan kerja kerasnnya selama ini dalam membangun Desa dan kepada seluruh pemerintah Desa dan panitia pengisian BPD priode 2018-2024. Serta mengucapakan selamat kepada seluruh BPD priode 2018-2024 terpilih yang telah diambil sumpah janjinya.

“Masyarakat telah memberikan kepercayaannya  kepada bapak/ibu semuanya, sebagai wakil mereka di Desa, untuk itu jagalah kepercayaan itu, dengan menjalankan tugas  dengan amanah, sesuai dengan kewenangan dan  fungsinya.  Perlu diingat, amanah ini akan  dipertanggung jawabankan didunia dan diakhirat,”tegasnya mengingatakan.

Kadis PMD Langkat Drs Jaya Sitepu dalan laporannya, menjelaskan, anggota BPD terpilih se Langkat Hilir yang diambil sumpah/janjinya berjumlah 639 orang, dengan rincian BPD keterwakilan perempuan sebanyak 89 orang dan BPD keterwakilan Dapil sebanyak 550 orang.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan peresmian dan pengambilan sumpah/janji anggota BPD terpilih ini, dalam rangka melaksanakan ketentuan pasal 58 ayat 2 dan 3 UU No:6 tahun 2014 tentang Desa,”paparnya.

Camat Stabat Nuriadi S.Sos selaku tuan rumah acara, , mengucapkan selamat datang kepada Bupati Langkat dan Bupati Langkat terpilih serta kepada seluruh tamu undangan, atas kehadirannya.

“Saya juga memohon maaf apabila terdapat kekurangan disana sininya dalam penyambutan ataupun penyedian tempat, yang dirasa kurang berkenan dihati,”sebutnya.

Pada kesempatan acara kali ini, ada kejutan, yaitu  hadiah umroh  dari Bupati terpilih Terbit Rencana PA SE, yang diberikan kepada 8 orang bilal mayit dan penggali kubur, dari perwakilan 8 Kecamatan yaitu Stabat, Secanggang, Hinai, Tangjung Pura, Wampu, Batang Serangan dan Sawit Sebrang.

Mereka yang terpilih atas rekomendasi dari Kades dengan kreterian paling lama menjalankan pengadiannya kepada masyarakat.

Turut hadir Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin Mkes MM,  Bupati terpilih Terbit Rencana PA SE, unsur Forkopimda Langkat, para asisten dan staf ahli Bupati, para kepala OPD Pemkab Langkat, ketua KNPI Kabupaten Langkat, para Camat dan unsur Forkopim se Langkat Hilir, Kades dan anggota BPD priode 2018-2024 se Langkat Hilir dan hadirin lainnya.  (fahlevi)


KOMENTAR