Kamis, 18 Juli 2019 18:48 WIB

DAERAH

Cah Pati Kembali Menangkan Lomba Vidgram Ganjar Pranowo

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Cah Pati Kembali Menangkan Lomba Vidgram Ganjar Pranowo Foto : Istimewa

JURNALPATROLINEWS – Kreatifitas anak Pati mulai diperhitungkan. Setelah Anas Azwar, warga Pati meraih juara pertama lomba vidgram bertajuk ‘pemilu sudah berlalu, saatnya bersatu’ yang diadakan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, kali ini ada warga Pati lain yang kembali menjadi juara lomba vidgram dengan tema berbeda.

Adalah Rizki Ade Nurrohman,18, warga Kyai Saleh Kelurahan Pati Lor Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Pemilik akun instagram @rizki_ade26 tersebut menjadi juara pertama dalam lomba vidgram bertajuk ‘sampah dan masa depan’ yang digelar oleh Ganjar bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jateng.

Rizki mendapat laptop dari Ganjar secara langsung dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Taman Kota Salatiga, Rabu (17/7). Selain Rizki, sejumlah pemenang juga diundang dalam acara itu. Mereka adalah Dani Widi Santosa (@daniiwss) dan M Naufal Hibatullah (@muhammad.n.hibatullah.71) sebagai juara dua dan tiga. Ada pula pemenang favorit yakni Yohanes Krisostomus (@yohanes.arka), Cindy Maharani (@cindaranii) dan Robi Irawan (@cctvbrj.official). Sementara kategori paling inspiratif diraih M Hilal Huda (@hilalhuda98).

“Terimakasih kepada para pemenang, kalian sudah bikin vlog tentang sampah yang bagus. Dimulai dengan vlog, kemudian dilanjutkan dengan tindakan,” pesan Ganjar.

Pemenang lomba Vidgram, Rizki Ade mengatakann Bgga dan senang bisa menjadi juara dalam lomba itu. Ia berharap, karyanya itu dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat khususnya anak muda untuk peduli akan kebersihan.

“Tentu bangga sekali, semuanya menjadi lebih spesial karena hadiah diberikan langsung oleh pak Ganjar,” kata Rizki.

Dalam video berdurasi semenit tersebut, Rizki menceritakan tentang seorang siswa yang membuang sampah sembarangan di depan sekolah. Di mata siswa tersebut, sampah yang berserakan itu adalah barang tidak berguna. Namun di mata Rizki yang juga berperan dalam video itu, sampah yang berserakan itu adalah uang. 

Caranya, sampah-sampah tersebut dipungut dan diserahkan ke bank sampah. Nantinya, pihak bank sampah akan membeli sampah tersebut, dan uang yang didapat bisa menjadi tambahan uang jajan.

“Ide dan inspirasi video ini, saya dapat dari cerita di sekolah sehari-hari. Kebetulan di sekolah saya, ada bank sampah yang menampung sampah-sampah dari siswa. Jadi, saya dan teman-teman lain biasanya memungut sampah mendapat uang jajan tambahan dengan menjual sampah ke bank sampah di sekolah,” imbuhnya.

Lomba Vidgram bertajuk ‘sampah dan masa depan’ yang digelar Ganjar bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jateng tersebut diterima antusias oleh anak-anak muda. Tercatat hingga akhir pendaftaran pada 12 Juli, setidaknya ada 117 peserta yang ikut lomba.

“Kami melibatkan tim juri dari profesional untuk menilai hasil vidgram kiriman para peserta. Para pemenang kami nilai sesuai dengan kesesuaian tema, inspiratif, berpotensi viral, originalitas dan bobot materi,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Teguh Dwi Paryono.

Sumber : Humas Jateng


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028