Jurnalpatrolinews - Buleleng,  BPPIKHL Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara kembali berpartisipasi dalam kegiatan yang diinisasi Pemerintah Provinsi Bali melalui “Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik” yang dilaksanakan pada 19 Mei 2019 bertempat di Pasar Pancasari, Dusun Dasong, Desa Wanagiri, Kabupaten Buleleng.

Kegiatan ini merupakan gagasan Gubernur Bali Wayan Koster, yang bertujuan untuk memelihara serta melestarikan alam Bali agar selalu bersih dan hijau sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Melalui sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali (Dewa Made Indra) mengemukakan, kegiatan ini melibatkan berbagai komponen masyarakat yang ada di Bali. Mulai dari instansi pemerintah tingkat provinsi serta kabupaten/kota, UPT KLHK se-provinsi Bali, TNI/POLRI, PKK, BUMN/BUMD, swasta, sekolah, komunitas lingkungan dan organisasi kepemudaan.

“Gerakan yang berpedoman pada Pergub Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai ini telah sukses terlaksana pada 7 April lalu dan akan terus rutin dilaksanakan sebagai wujud keseriusan pemprov Bali dalam memerangi sampah plastik” ujarnya.

Tak ketinggalan pula melibatkan berbagai organisasi masyarakat adat, seperti warga desa adat dan “sekaa teruna-teruni” atau kelompok pemuda-pemudi. Sedangkan lokasi kegiatan akan menyasar kawasan pura, hutan, sungai, pesisir danau dan pantai, lingkungan desa adat, pasar, hingga sepanjang aliran subak beserta temat umum lainnya. Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, kegiatan sebelumnya pada 7 April 2019 telah mampu membersihkan lingkungan Bali dari ancaman sampah anorganik sejumlah 28.258,1 kg.

Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik sejalan dengan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam upaya pengendalian perubahan iklim. Upaya mitigasi dengan membersihkan sampah plastik secara rutin perlu dilakukan serta ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga menjadi budaya yang mendarah daging. Kini saatnya memulai dari hal kecil untuk masa depan bumi yang lebih baik, “Say Goodbye for Plastic Bag”


Baca Juga
KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028